YULI ARTONI, KURNIAWAN and Puspitasari, Diana (2013) Analisis Rantai Nilai Untuk Memberikan Strategi Kompetitif Pada Produk Pengolahan Tanaman Purwaceng Di Daerah Dieng. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 212Kb |
Abstract
Abstrak Tanaman purwaceng merupakan tanaman obat asli Indonesia yang banyak terdapat tumbuh subur dataran tinggi Dieng yang mempunyai potensi tinggi untuk dikembangkan. Tanaman purwoceng dikenal memiliki khasiat afrodisiak (meningkatkan kemampuan seksual) pada pria dan stamina tubuh yang telah lama digunakan di dalam ramuan obat tradisional. Industri produk pengolahan tanaman purwaceng merupakan industri yang memproduksi produk tanaman purwaceng dengan bentuk kemasan sachetan siap seduh yang sedang bekembang saat ini. Saat ini industri purwaceng masih mempunyai banyak kekurangan untuk keunggulan kompetitif di era globalisasi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi yang kompetitif dengan mengetahui tahapan dan kondisi rantai nilai produk pengolahan tanaman purwaceng. Analisis Value chain memandang perusahaan sebagai salah satu bagian dari rantai nilai produk. SWOT digunakan untuk mengetahui gambaran umum mengenai kondisi industri purwaceng. Sedangkan diamond competitiveness digunakan untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail mengenai faktor kondisi (input), kondisi permintaan, industri terkait dan pendukung, dan konteks persaingan dan strategi perusahaan. CSI dan IPA merupakan alat bantu analisis yang digunakan untuk menentukan kepuasan konsumen dengan survey pasar yag terdapat pada 16 indikator dari variabel kepuasan pelanggan. Masih terdapat banyak permasalahan dari tahap petani, produsen, dan juga retail berdasarkan hasil dari analisis kondisi rantai nilai. Dengan mengacu pada permasalahan tersebut, diberikanlah rekomendasi strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif industri purwaceng. Industri purwaceng sebaiknya bekerjasama dengan pihak luar agar permasalahan yang dihadapi pada rantai nilai produk purwaceng dapat teratasi, sehingga keunggulan kompetitif (daya saing) dapat meningkat. Semua tahapan yang ada di rantai nilai purwaceng sebaiknya saling berintegrasi, agar keselarasan dalam bekerjasama berjalan dengan lancar. Karena keselarasan dalam bekerjasama dapat saling meningkatkan profit bagi semua tahapan. Abstract Purwaceng is an Indonesian traditional medicinal plant, thrives in Dieng plateau that still has many potentials to be developed. Purwaceng has long been used for traditional medicine because it’s known to have Aphrodisiac properties (boost sexual performance) for men, and also could help to increase stamina. The Purwaceng processing industry is an industry that produces ready-brew instant purwaceng in sachet packaging. Currently The purwaceng processing industry still has many shortcomings in terms of competitive advantage in the era of globalization. Thus this study aims to provide a competitive strategy by knowing the stage and condition of the purwaceng product’s value chain. Value chain analysis considers the company as part of the product value chain. SWOT is used to know the general overview of the condition of the purwaceng processing industry. While diamond competitiveness is used to obtain even more detailed explanation of the condition factors (input), demand conditions, related and supporting industries and the context of competition and corporate strategy. The CSI and the IPA are the analysis tools used to determine consumer satisfaction with market survey found on 16 indicators of customer satisfaction variables. There are still a lot of problems found on the farmers stage, the manufacturers stage, and the retail stage based on the results of the analysis of the condition of the value chain. Refers to these problems, recommendation strategies are given to be applied to improve the purwaceng processing industry's competitive advantage. Purwaceng processing industry should collaborate with the others so the problems faced in the purwaceng product's value chain could be resolved, so that the competittive advantage could be increased. All stages in the purwaceng product's value chain should be mutually integrated, so the harmony of collaboration runs smoothly. Because harmony of collaboration are able to increase profits for all stages.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | rantai nilai, industri, purwaceng, strategi, keunggulan kompetitif, SWOT, diamond competitiveness, CSI, IPA, kepuasan konsumen. value chain, industry, purwaceng, strategy, competitive advantage, SWOT, diamond competitiveness, CSI, IPA, consumer satisfaction. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
ID Code: | 38686 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 28 Feb 2013 10:47 |
Last Modified: | 28 Feb 2013 10:47 |
Repository Staff Only: item control page