Fusi Protoplas Interspesifik Khamir Inulinolitik Termostabil Kluveromyces Marxianus Dan Torulospora pretoriensis Isolat Lokal Serta Aplikasinya Pada Produksi High Fructose Syrup (HFS)

Wijanarka, Wijanarka and Lunggani, Arina Tri and Kusumaningrum, Hermin Pancasakti (2005) Fusi Protoplas Interspesifik Khamir Inulinolitik Termostabil Kluveromyces Marxianus Dan Torulospora pretoriensis Isolat Lokal Serta Aplikasinya Pada Produksi High Fructose Syrup (HFS). In: Workhsop/Seminar Hasil Penelitian Dikna s Jateng , 2005, Semarang .

[img]
Preview
PDF
462Kb

Abstract

Produksi HFS merupakan salah satu industri minuman di Indonesia yang sampai saat ini belum berkembang. Untuk pembuatannya membutuhkan ensim inulinase. Ensim ini mampu diproduksi oleh khamir Torulospora pretoriensis yang merupakan khamir alami, namun aktivitasnya sangat rendah. Sehingga perlu difusikan Kluveromyces marxianus. Dengan harapan nantinya akan menghasilkan HFS yang lebih hiegiene dan mampu menghasilkan gula sintetis yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan fusan baru yang unggul dan kompetitif melalui tehnik fusi protoplast, sehingga fusan baru tersebut mampu menghasilkan ensim inulinase dalam jumlah yang tinggi serta dapat diaplikasikan pada proses pembuatan HFS. Hasil penelitian menunjukkan tehnik fusi protoplas telah dapat menghasilkan fusan baru (fusan 3) yang mampu menghasilkan ensim lebih tinggi (0,1298 IU/ml) dibanding induk Torulospora pretoriensis (0,1045 IU/ml). Pada konsentrasi substrat 2,2 % produksi HFS dihasilkan aktivitas ensim 2,806 IU, gula reduksi 10,111 mg/ml, nilai DE 18,71%, (DP =5,34 ), kadar fruktosa 0,1724 mg/ml dan uji organoleptik, untuk rasa dan warna (netral, agak suka), untuk bau (suka-sangat suka).

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords:HFS, inulinase
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:38679
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Feb 2013 15:51
Last Modified:27 Feb 2013 15:51

Repository Staff Only: item control page