PERBEDAAN KESEGARAN JASMANI ANTARA ANAK STUNTING DAN TIDAK STUNTING (STUDI PADA SISWA KELAS 3 - 6 MI FUTUHIYYAH KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK)

LISNAWATI, NAINTINA (2012) PERBEDAAN KESEGARAN JASMANI ANTARA ANAK STUNTING DAN TIDAK STUNTING (STUDI PADA SISWA KELAS 3 - 6 MI FUTUHIYYAH KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK). Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

"Stunting" merupakan kategori status gizi berdasarkan indeks antropometri TB/U dimana nilai z-score kurang dari -2 Standar Deviasi (SD). "Stunting" merupakan manifestasi malnutrisi kronis pada anak usia dini dan dapat mempengaruhi kesehatan, daya tangkap anak pada saat sekolah, serta kebugaran atau kesegaran jasmani anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kesegaran jasmani pada anak "stunting" dan tidak "stunting". Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode survei analitik dan pendekatan "cross sectional". Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak kelas 3 - 6 di MI Futuhiyyah Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Sampel terdiri dari dua kelompok yaitu anak "stunting" dan tidak "stunting". Pengambilan sampel dilakukan dengan metode "purposive sampling" berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden yang terdiri dari 35 anak "stunting" dan 35 anak tidak "stunting". Pengolahan data antropometri dan konsumsi gizi menggunakan bantuan program "WHO AnthroPlus" dan "Nutrisurvey". Analisis data menggunakan bantuan program "SPSS versi 16.0 for windows" yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis bivariat menggunakan uji normalitas "Shapiro-Wilk" dan uji statistik "Mann-Whitney". Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kesegaran jasmani antara anak "stunting" dan tidak "stunting" (p>0,05). Rerata skor kesegaran jasmani pada anak "stunting" adalah 79,5 dan anak yang tidak "stunting" adalah 75,1. Pengaturan pola makan secara teratur penting dilakukan supaya kebutuhan energi dab zat besi (Fe) terpenuhi sehingga kesegaran jasmani anak meningkat. Kata Kunci: stunting, kesegaran jasmani, anak sekolah dasar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38650
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2013 10:37
Last Modified:26 Feb 2013 10:37

Repository Staff Only: item control page