HUBUNGAN UMUR PARITAS KENAIKAN BERAT BADAN IBU SELAMA KEHAMILAN DENGAN BERAT BAYI LAHIR DI PUSKESMAS PURWONEGORO I KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 20011

PARLUPI, PARLUPI (2012) HUBUNGAN UMUR PARITAS KENAIKAN BERAT BADAN IBU SELAMA KEHAMILAN DENGAN BERAT BAYI LAHIR DI PUSKESMAS PURWONEGORO I KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 20011. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Salah satu tujuan Millennium Development Goals (MDGs) adalah menurunkan kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu. Sepuluh persen penyebab kematian bayi adalah berat bayi lahir rendah. Karakteristik ibu seperti umur dan paritas ibu, serta gizi ibu selama kehamilan berpengaruh terhadap kejadian berat bayi lahir rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan umur, paritas dan kenaikan berat badan ibu selama kehamilan dengan berat bayi lahir di wilayah Puskesmas Purwonegoro I Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan Buku Kesehatan Ibu dan Anak sebagai salah satu instrumen penelitian. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian ini yaitu 77 ibu bayi di wilayah Puskesmas Purwonegoro 1 Banjarnegara yang melahirkan pada bulan januari 2011 sampai dengan bulan september tahun 20011 dan 77 bayi yang dilahirkannya. Sampel diambil secara proporsional dari 7 desa dari 402 populasi. Analisis data untuk uji hubungan umur damn kenaikan berat badan ibu selama kehamilan dengan berat bayi lahir menggunakan Pearson Product Moment, dan uji hubungan paritas ibu selama kehamilan dengan berta bayi lahir menggunakan rank Sperman.Hasil penelitian menunjukan rata-rata umur ibu 20 tahun sampai dengan 35 tahun, Paritas ibu rata-rata satu kali, kenaikan berat badan ibu selama hamil terbanyak kurang dari 11,5 kilogram. Berat bayi lahir mayoritas normal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38649
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2013 10:29
Last Modified:26 Feb 2013 10:29

Repository Staff Only: item control page