PENGGUNAAN KULTUR CAMPURAN BAKTERI ASAM LAKTAT UNTUK PRODUKSI MINUMAN FERMENTASI DARI SARI BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L)

Lunggani, Arina Tri (2008) PENGGUNAAN KULTUR CAMPURAN BAKTERI ASAM LAKTAT UNTUK PRODUKSI MINUMAN FERMENTASI DARI SARI BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L). Sains dan Matematika, 16 (03). pp. 144-148. ISSN 0854-0675

[img]
Preview
PDF
383Kb

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai minuman fermentasi berbahan belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L. Oxalidaceae) dalam rangka diversifrkasi pangan fungsional. belimbing wuluh adalah sumber vitamin dan mineral yang tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar diperoleh inovasi dalm dioversivikasi bahan dasar nabati dalam rangka penganekaragaman produk yang menyehatkan bagi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kualitas mikrobiologis dan nilai organoleptik ternyata minuman fermentasi sari belimbing wuluh dengan konsentrasi sukrosa l0 o% merupakan produk yang lebih disukai panelis,sehingga diharapkan dapat menjadi produk yang dapat diterima masyarakat.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:belimbing wuluh, minuman fermentasi, pangan fungsional
Subjects:Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:38642
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2013 08:45
Last Modified:26 Feb 2013 08:45

Repository Staff Only: item control page