HUBUNGAN KONSUMSI ZAT BESI DAN ASAM FOLAT DENGAN KADAR HEMOGLOBIN DAN PRESTASI BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOYOSO 06 SEMARANG

HARYANTI, DIYAH (2012) HUBUNGAN KONSUMSI ZAT BESI DAN ASAM FOLAT DENGAN KADAR HEMOGLOBIN DAN PRESTASI BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOYOSO 06 SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Anak sekolah dengan kadar hemoglobin rendah dapat mengganggu perkembangan kognitif yang dapat mengakibatkan prestasi sekolah menjadi buruk. Di Indonesia hemoglobin rendah masih banyak ditemukan pada anak SD dan kebanyakan penyebabnya adalah karena kekurangan konsumsi zat gizi terutama sumber besi, asam folat dan vitamin B12 sebagai pembentuk sel darah merah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan konsumsi zat besi dan asam folat dengan kadar hemoglobin dan prestasi belajar di SD Negeri Semarang. Metode penelitian adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak SD kelaas V dan VI berjumlah 80 anak, perhitungan besar sampel adalah 29,3 dan diambil menjadi 45 anak dengan menggunakan metode purposive sesuai dengan kriterias inklusi. Data primer meliputi konsumsi zat besi, konsumsi asam folat dan kadar hemoglobin, sedangkan data sekunder adalah prestasi belajar. Kecukupan konsumsi zat besi dan asam folat di SD Negeri Purwoyoso 06 tergolong rendah , yaitu 20% untuk konsumsi besi dan 2,2% untuk konsumsi folat. Kadar hemoglobin yang tergolong normal sebanyak 55,55% sedangkan prestasi belajar sebagian besar responden baik, yaitu 68,89%. Analisis data untuk uji hubungan konsumsi zat besi dengan kadar hemoglobin dan prestasi belajar menggunakan uji pearson product moment sedangkan konsumsi asam folat dengan kadar hemoglobin menggunakan uji rank spearman. Hasil hubungan konsumsi zat besi dengan kadar hemoglobin nilai p=0,329(p>0,05) dan r= 0,068, untuk konsumsi asam folat dengan hemoglobin nilai p=0,393(p>0,05) sedang r=0,042. Nilai p=0,1 dengan r=-1,94 untuk hubungan hemoglobin dengan prestasi belajar. Simpulan tidak ada hubungan antara konsumsi zat besi dan asam folat dengan kadar hemoglobin dan prestasi belajar. Kata Kunci: Zat Besi, Asam Folat, Hemoglobin, Prestasi Belajar dan Murid SD.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38629
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:25 Feb 2013 10:51
Last Modified:25 Feb 2013 10:51

Repository Staff Only: item control page