ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENSI DASAR (PONED)DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON DAN KARANGMALANG KOTA SEMARANG

WULAN, APRIANTY NUR (2012) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENSI DASAR (PONED)DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON DAN KARANGMALANG KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Pada tahun 2011, program PONED dilaksanakan oleh 6 (enam) puskesmas rawat inap di Kota Semarang, dimana sebelumnya ada dua (2) petugas rawat inap yang sudah menjalankan program PONED yaitu Puskesmas Tlogosari Kulon dan Karangmalang pada pertengahan tahun 2006. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis tentang implementasi penyelenggaraan PONED di Puskesmas Tlogosari Kulon dan Karangmalang Kota Semarang dilihat dari segi komunikasi, ketersediaan sumber daya, disposisi, dan stuktur birokrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam (indepth interview). Populasi yang diteliti adalah enam (6) informan utama terdiri dari 2 tim PONED dari dua (2) puskesmas dan enam (6) informan triangulasi terdiri dari dua (2) kepala puskesmas, dua (2) staf Dinas Kesehatan Kota Semarang serta dua (2) sasaran PONED. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program PONED belum berjalan efektif dipengaruhi oleh : aspek komunikasi tidak dilakukannya sosialisasi lintas sektor dan belum mempunyai STO khusus PONED lengkap hanya terdiri dari seorang dokter, bidan, dan perawat. Aspek ketersediaan sumber daya belum terpenuhinya kuantitas petugas yang memadai, tidak adanya dana alokasi khusus PONED dan pemberian dana insentif, fasilitas alat dan obat yang belum memenuhi standar, namun keterjangkauan lokasi masih terjangkau. Aspek disposisi sebagian besar petugas mendukung dan siap melaksanakan program PONED. Aspek stuktur birokrasi tidak adanya format pencatatan pelaporan khusus PONED serta belum ada kerjasama dengan RS PONEK dan organisasi profesi seperti POGI, PDAI, serta IBI. Saran yang direkomendasikan, yaitu : perlu adanya lintas sektor dan regulasi khusus, perlu adanya pelatihan dan magang, pengaturan dalam ketentuan tempat tinggal petugas, perlu adanya dana alokasi khusus untuk kelengkapan sarana prasarana penunjang program PONED dan pemberian dana insentif, serta pembentukan puskesmas PONED lebih di prioritaskan lokasi jauh dari rumah sakit, menumbuhkan rasa komitmen dan konsisten dari seluruh jajaran staf yang terkait, perlu adanya format pencatatan dan pelaporan khusus PONED serta supervisi dengan RS (PONEK), dokter spesialis (SpOG dan SpA) dan IBI. Kata Kunci: Analisis Implementasi Program, Puskesmas Tlogosari Kulon dan KArangmalang, Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38622
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Feb 2013 10:17
Last Modified:25 Feb 2013 10:17

Repository Staff Only: item control page