KAJIAN KONDISI KOMODITAS, SERANGGA HAMA GUDANG DAN UPAYA PENGENDALIANNYA (Studi tentang Penyimpanan Komoditas di Gudang Bulog 105 Bawen Sub Dolog Wilayah I Semarang)

UMMAH, ANA KHOIRUL (2012) KAJIAN KONDISI KOMODITAS, SERANGGA HAMA GUDANG DAN UPAYA PENGENDALIANNYA (Studi tentang Penyimpanan Komoditas di Gudang Bulog 105 Bawen Sub Dolog Wilayah I Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Penyimpanan merupakan tahap pasca panen yang cukup penting. Pada tahap ini dimungkinkan terjadi perubahan kualitas dan kuantitas yang dipengaruhi oleh interaksi kondisi (kualitas) beras, kondisi lingkungan dan organisme/hama gudang (mikroorganisme, serangga dan rodentia). Diantara hama-hama gudang tersebut, serangga hama merupakan penyebab kerusakan terbesar dan mempunyai peranan penting terhadap kesehatan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi komoditas, serangga hama gudang dan menilai upaya pengendalian serangga hama gudang di Gudang Bulog 105 Bawen Sub Dolog Wilayah I Semarang. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan metode survey dan pendekatan cross sectional. Sampel beras diambil sebanyak 2 kg dari 30 karung beras yang dipilih secara purposive smpling. Serangga yang ditemukan pada sampel kerja kemudian diidentifikasi untuk mengetahui jenis dan menentukan klasifikasinya serta dikaji faktor ekologinya. Dari sampel kerja diambil 100 gram untuk dianalisis kondisi kualitas beras yang disimpan. Jenis serangga yang ditemukan adalah imago hidup Tribolium castaneum Herbst (10 ekor) dan Rhyzopertha dominica Fabricius (6 ekor). Tingkat serangan hama gudang termasuk termasuk kategori berat dan terjadi penurunan kualitas beras selama penyimpanan 2 bulan (27 Oktober - 27 Desember 2011). Meskipun terjadi penurunan kualitas, kondisi beras masih memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh Perum Bulog. Keadaan butir-butir beras utuh bercampur dengan sedikit dedak dengan suhu ruangan 25,8oC, kelembaban 77% dan kadar air 13,93% masih dapat mendukung perkembangbiakkan T.castaneum (H) dan R.dominica (F). Prosentase hasil penilaian upaya pengendalian hama di gudang Bulog 105 Bawen Sub Dolog Wilayah I Semarang yaitu: upaya pencegahan (85,26%), monitoring (85,18%) dan penanggulangan (95,06%). Upaya pengendalian tersebut telah dilaksanakan dengan baik serta sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan oleh Perum Bulog tahun 2009. Kata Kunci: Serangga hama gudang, kualitas beras, PHGT, gudang Bulog Bawen, 2012

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38565
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:21 Feb 2013 10:37
Last Modified:21 Feb 2013 10:37

Repository Staff Only: item control page