KEMAMPUAN TEMBUS RAYAP Microtermes insperatus Kemner TERHADAP BARRIER FISIK DARI PASIR SILIKA, GRAVEL, DAN SERAT IJUK (STUDI DI PERUSAHAAN DAERAH CITRA MANDIRI JAWA TENGAH, UNIT PERKEBUNAN TLOGO KABUPATEN SEMARANG)

FARKHAN, ABDILLAH (2012) KEMAMPUAN TEMBUS RAYAP Microtermes insperatus Kemner TERHADAP BARRIER FISIK DARI PASIR SILIKA, GRAVEL, DAN SERAT IJUK (STUDI DI PERUSAHAAN DAERAH CITRA MANDIRI JAWA TENGAH, UNIT PERKEBUNAN TLOGO KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Dua ribu jenis rayap telah ada di dunia dan dianggap sebagai hama permukiman penting. Di Indonesia, lebih dari 20 spesies diketahui sebagai rayap perusak kayu bangunan. Unit perkebunan Tlogo Kabupaten Semarang adalah area perkebunan yang banyak memiliki gundukan sarang rayap dan padat dengan bangunan permukiman penduduk. Upaya pengendalian rayap sangat diperlukan untuk mencegah rayap masuk ke dalam pondasi bangunan, salah satunya dengan sistem barrier fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan teknik pencegahan pra-konstruksi serangan rayap tanah dengan sistem barrier fisik yang memanfaatkan bahan - bahan alam seperti pasir silika, gravel, dan serat ijuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga skala tabung yang berbeda, antara lain tabung majemuk skala kecil, tabung majemuk skala besar, dan tabung tunggal. Dari hasil pengumpanan diperoleh rayap dengan spesies Microtermes insperatus Kemner. Rayap ini tidak memiliki kemampuan tembus terhadap ketiga jenis barrier yang dipasang sepanjang 5 cm, dengan jarak tembus paling besar adalah 0 cm untuk barrier pasir silika, 3,5 cm untuk barrier gravel, dan 0 cm untuk barrier serat ijuk. Pada semua jenis barrier, aktivitas tembus rayap berhenti dengan ditandai adanya liang kembara yang terhalang oleh barrier. Berdasarkan hasil pengamatan, faktor - faktor yang mempengaruhi kemampuan tembus rayap Microtermes insperatus Kemner antara lain : ukuran material, konsistensi media pengamatan, adaptasi rayap terhadap lingkungan, iklim mikro dan pertumbuhan entomopatogen, dan kehadiran musuh rayap. Kata Kunci: Microtermes insperatus Kemner, barrier fisik, pasir silika, gravel, serat ijuk

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38564
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:21 Feb 2013 10:26
Last Modified:21 Feb 2013 10:26

Repository Staff Only: item control page