IDENTIFIKASI TELUR CACING PARASIT YANG DIAMBIL DARI USUS TIKUS (STUDI DI KELURAHAN SAMBIROTO, KELURAHAN SENDANGMULYO, DAN KELURAHAN TANDANG, KOTA SEMARANG)

TRIBOWO, DADANG (2012) IDENTIFIKASI TELUR CACING PARASIT YANG DIAMBIL DARI USUS TIKUS (STUDI DI KELURAHAN SAMBIROTO, KELURAHAN SENDANGMULYO, DAN KELURAHAN TANDANG, KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Tikus adalah rodensia domestik yang dekat dengan kehidupan manusia. Infeksi cacing parasit yang menjangkiti tikus mendapat perhatian khusus untuk diteliti karena peran tikus sebagai reservoar dari berbagai jenis parasit yang sangat penting pada manusia, binatang domestik,dan ternak. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi spesies cacing parasit yang diambil dari usus tikus. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan survei cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode nonrandom sampling dengan teknik accidental sampling yaitu dengan cara mengambil sampel tikus yang kebetulan tertangkap di Kelurahan Sambiroto, Kelurahan Sendangmulyo, dan Kelurahan Tandang, Kota Semarang. Dalam dua hari penagkapan, sejumlah 43 ekor Rattus tanezumi (62,3%), 24 ekor Rattus norvegicus (34,8%), dan dua ekor Rattus exulans (2,9%) telah tertangkap dan menunjukkan 37 ekor tikus (53,6%) diantaranya positif kecacingan. Telur cacing yang ditemukan dari usus tikus antara lain adalah telur Hymenolepis diminuta (18,8%), telur Trichuris trichiura (13,0%), dan telur cacing tambang (23,2%). Kata Kunci: Tikus, Cacing parasit, Semarang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38563
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:21 Feb 2013 10:22
Last Modified:21 Feb 2013 10:22

Repository Staff Only: item control page