PERUBAHAN KADAR AIR, ZAT GIZI DAN JUMLAH Tribolium castaneum HERBST DARI BARBAGAI UMUR SIMPAN BERAS JENIS C4 (STUDI TENTANG PENYIMPANAN DI GUDANG BULOG 101 PEDURUNGAN SUB DOLOG WILAYAH I SEMARANG)

WAHYUNI, PEBRI INDAH (2012) PERUBAHAN KADAR AIR, ZAT GIZI DAN JUMLAH Tribolium castaneum HERBST DARI BARBAGAI UMUR SIMPAN BERAS JENIS C4 (STUDI TENTANG PENYIMPANAN DI GUDANG BULOG 101 PEDURUNGAN SUB DOLOG WILAYAH I SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Proses Penyimpanan dapat mengakibatkan susut pada komoditas pangan, berupa penurunan zar gizi dan perubahan kadar air, susut akibat serangan hama terbesat terjadi di tempat penyimpanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan kadar air, zat gizi dan jumlah Tribolium castaneum Herbst daari berbagai umur simpan beras jenis C4 dengan umur simpan 7-9 bulan di Gudang Bulog 101 Pedurungan Sub Dolog WIlayah I Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh beras yang ada di Gudang C Bulog dengan total 90840 kg kemudian diambi; sampel sebanyak 3 kg dari masing-masing tumpukan menggunakan metode purposive sampleng. Hasil penelitian menunjukkan investasi imago hidup Tribolium castaneum pada umur simpan 7 bulan adalah 3 ekor, 5 ekor pada umur simpan 8 bulan dan 8 ekor pada umur simpan 9 bulan. Penelitian juga menghasilkan adanya penurunan kadar air sebesar 0,1%, penurunan kadar karbohidrat 0,1%, penurunan kadar lemak 0,3% dan penurunan energi 400kkal/100 g. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara umum karbohidrat, lemak dan energi mengalami penurunan dalam penyimpanan beras di gudang selama 7-9 bulan masa penyimpanan. Kata Kunci: beras, umur simpan, Tribolium castaneum, Bulog

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38560
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2013 10:15
Last Modified:21 Feb 2013 10:15

Repository Staff Only: item control page