GAMBARAN AKTIVITAS FISIK, PERILAKU SEDENTARY DAN STATUS KELEBIHAN BERAT BADAN PADA MAHAISIWA USIA 18-20 TAHUN SEBAGAI FAKTOR RISIKO SINDROMA METABOLIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FKM UNDIP)

CAHYANI, AMALIA EKA (2012) GAMBARAN AKTIVITAS FISIK, PERILAKU SEDENTARY DAN STATUS KELEBIHAN BERAT BADAN PADA MAHAISIWA USIA 18-20 TAHUN SEBAGAI FAKTOR RISIKO SINDROMA METABOLIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FKM UNDIP). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Salah satu kelompok umur yang berisiko terjadinya kelebihan berat badan adalah kelompok umur remaja. Kelebihan berat badan merupakan faktor yang berhubungan dengan sindroma metabolik. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada mahasiswa FKM UNDIP menunujukkan bahwa sebagian besar dari mereka memiliki kecenderungan berperilaku sedentary . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas fisik, perilaku sedentary dan status kelebihan berat badan pada remaja di FKM UNDIP. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa FKM UNDIP yang berusia 18-20 tahun, teknik pengambilan sampel dengan systematik random sampling . Hasil penelitian menunjukkan dari 86 remaja yang terlibat, 100,0% memiliki aktivitas tingkat sedang dan berat yang cukup, 30,2% memiliki kecukupan aktivitas olah raga tingkat berat, dan 17,4% memiliki kecukupan aktivitas olahraga tingkat sedang. Pada perilaku sedentary , 89,5% memiliki kebiasaan menonton tv, 100% memiliki kebiasaan bekerja dengan komputer atau laptop, 26,7% memiliki kebiasaan bermain video game, 100,0% memiliki kebiasaan duduk-duduk, 48,8% remaja memiliki lama waktu tidur yang buruk. Rata-rata responden memiliki berat badan 54,3 kg, tinggi badan 159,2 cm dan lingkar perut 76,1 cm. Remaja yang tergolong overweight yaitu 12,8% dan 1,2% tergolong obes. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa perilaku berisiko untuk terjadinya kelebihan berat badan yaitu kurangnya olahraga tingkat sedang maupun berat, perilaku sedentary berupa kebiasaan bekerja dengan komputer atau laptop dan lama waktu tidur yang buruk. Kata Kunci: aktivitas fisik, perilaku sedentary, kelebihan berat badan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38553
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2013 09:46
Last Modified:21 Feb 2013 09:46

Repository Staff Only: item control page