DESKRIPSI KEGIATAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) PENULAR PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI DESA JATIPURO WILAYAH PUSKESMAS TRUCUK II KABUPATEN KLATEN

FADILAH, ISNAINI (2012) DESKRIPSI KEGIATAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) PENULAR PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI DESA JATIPURO WILAYAH PUSKESMAS TRUCUK II KABUPATEN KLATEN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Penyakit demam berdarah dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui gigitan vektor nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Desa Jatipuro wilayah Puskesmas Trucuk II merupakan desa endemis penyakit demam berdarah dengue (DBD). Cara yang paling efektif sebagai upaya preventif penanggulangan penyakit DBD dengan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Prakteknya dengan melakukan 3M plus secara intensif dan berkesinambungan oleh seluruh aspek masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan PSN penular penyakit DBD di Desa Jatipuro wilayah Puskesmas Trucuk II meliputi pengetahuan, pelaksanaan serta kontinyuitas kegiatan PSN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode survei pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat (setiap kepala keluarga) di Desa Jatipuro wilayah Puskesmas Trucuk II dengan jumlah total 1103 kepala keluarga kemudian sampel diambil sebanyak 97 kepala keluarga menggunakan metode simple random sampling. Analisis data secara deskriptif dengan penjabaran frekuensi, presentase, standar deviasi serta mean dalam bentuk pengkategorian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang PSN terbanyak dalam kategori cukup (72,2%), pelaksanaan PSN dalam menguras, menutup, mengubur/daur ulang kategori baik (88,7%, 85,6%, 87,6%), sedangkan plus kategori kurang baik (72,2%) serta kontinyuitas pelaksanaan PSN terbanyak menutup dan mengubur / daur ulang kategori baik (61,9% dan 70,1%), sedangkan menguras dan plus kategori kurang baik (58,8% dan 69,1%). Kata Kunci: demam berdarah dengue, kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (3M plus)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38552
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2013 09:40
Last Modified:21 Feb 2013 09:40

Repository Staff Only: item control page