Evaluasi Bauran Pemasaran Politik Pasangan Kepala Daerah Dalam Pemilukada (Studi Kasus Pasangan Ir. Hj Diah Soenarsasi -Milhouse Teddy Sulistio,SE Dalam Pemilukada Kota Salatiga Tahun 2011)

Alwin, Basri (2012) Evaluasi Bauran Pemasaran Politik Pasangan Kepala Daerah Dalam Pemilukada (Studi Kasus Pasangan Ir. Hj Diah Soenarsasi -Milhouse Teddy Sulistio,SE Dalam Pemilukada Kota Salatiga Tahun 2011). Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF
31Kb
[img]
Preview
PDF
270Kb
[img]
Preview
PDF
140Kb
[img]
Preview
PDF
324Kb

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Penggunaan Media Massa, Komunikasi Interpersonal, dan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Harapan Hidup pada Penderita Kanker Saat ini orang sudah cukup akrab dengan media massa, segala informasi tersedia dalam media massa. Sebagai makhluk sosial, manusia juga melakukan komunikasi satu dengan lainnya dan saling memberikan dukungan secara sosial. Penderita kanker membutuhkan sesuatu yang dapat membangun motivasi harapan hidupnya. Salah satu cara adalah dengan memberi informasi yang berguna, melalui media massa, komunikasi interpersonal, dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketiganya terhadap motivasi harapan hidupnya. Tipe penelitian adalah eksplanatif, untuk menjelaskan hubungan sebab akibat yang terjadi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hipotesis dalam penelitian ini, terdapat pengaruh positif antara penggunaan media massa, komunikasi interpersonal, dan dukungan sosial terhadap motivasi harapan hidup penderita kanker. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan semata-mata atas dasar kesediaan dan ketersediaan sampel, untuk mempermudah penelitian. Dengan jumlah 39 responden penderita kanker berdasar hasil pemeriksaan laboratorium patologi anatomi RS.Telogorejo Semarang. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi massa dari McQuail, komunikasi interpersonal dari Joseph A.DeVito, dan dukungan sosial dari Sheridan & Radmacher serta motivasi dari Gerungan. Hasil yang diperoleh berdasar perhitungan uji statistik untuk menguji hipotesis dan menguji signifikansi dalam penelitian ini adalah menggunakan Korelasi Pearson Product Moment dan Analisis Regresi. Uji statistik korelasi Pearson Product Moment digunakan untuk mengetahui arah korelasi tiga variabel penelitian. Sedangkan Analisis regresi digunakan untuk mengetahui arah korelasi empat variabel penelitian. Pada intinya baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama tidak terdapat pengaruh antara penggunaan media massa, komunikasi interpersonal, dan dukungan sosial terhadap motivasi harapan hidup penderita kanker. Dari hasil pengujian statistik menggunakan Analisis Regresi tiga prediktor (penggunaan media massa, komunikasi interpersonal dan dukungan sosial) terhadap satu kriterion yaitu motivasi harapan hidup diperoleh hasil p>0,05 R = 0,239). Sehingga untuk penelitian ini, hipotesis mayor maupun hipotesis minor ditolak. Kata kunci : media massa; komunikasi interpersonal; motivasi penderita kanker   Abstract Political Marketing Mix Evaluation in Local General Election (Case Study: Ir. Hj Diah Soenarsasi -Milhouse Teddy Sulistio,SE in Salatiga Local General Election 2011) The defeat of Ir. Hj Diah Soenarsasi -Milhouse Teddy Sulistio,SE in Salatiga local general election 2011 shocked many people, especially their winning teams. Ideally if we see their added value compared to other candidates in term of popularity, power of oliticalparty machine, and Diah’s positions as incumbent in Slatiga. They should have win the election if we see to those aspects. In fact, they are defeated by Yulianto-Haris in one round election. This study uses the political marketing mix (product,place, cost, and promotion) as the basis for analysis. With a qualitative casestudy method. The result showed that there were weaknesses in all elements of political marketing mix. As a couple of candidates, Diah and Tedy assessed both individually and ini pairs. As a result, the negative side of one candidate could reduce voters’s support. Keywords : product, place, price, promotions

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:38471
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2013 19:14
Last Modified:18 Dec 2015 17:21

Repository Staff Only: item control page