TABLOIDISASI MEDIA (KAJIAN DESKRIPTIF TERHADAP HARIAN WAWASAN DI SEMARANG)

Rahmawati, Zulfiningrum (2012) TABLOIDISASI MEDIA (KAJIAN DESKRIPTIF TERHADAP HARIAN WAWASAN DI SEMARANG). Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF
79Kb
[img]
Preview
PDF
703Kb
[img]
Preview
PDF
803Kb
[img]
Preview
PDF
176Kb

Abstract

ABSTRAKSI Tabloidisasi pada media cetak, suratkabar atau koran memang sudah menggejala dan menjadi tren di Indonesia. Tabloidisasi media merupakan sebuah fenomena ketika media non-tabloid memiliki karakteristik yang serupa dengan tabloid. Dalam level mikro, tabloidisasi dapat dipandang sebagai fenomena media yang melibatkan adanya perubahan format surat kabar tradisional atau media lainnya, yang dipicu oleh keinginan pembaca serta tuntutan pengiklan. Sedangkan dalam level makro, tabloidisasi dapat dipandang sebagai fenomena sosial yang menghasut sekaligus menyimbolkan perubahan konstitusi dari masyarakat. Fenomena ini bukan hanya terjadi pada media berskala nasional tetapi juga merambah media lokal, salah satunya adalah harian Wawasan. Demi melayani kebutuhan pasar, Wawasan melakukan perubahan format surat kabarnya. Perubahan format itu berpengaruh ke segala lini, seperti perubahan jam terbit, orientasi segmen pasar, pergeseran policy dalam pemberitaan, format pemberitaan, dan lain sebagainya. Perubahan paradigma pun terjadi dalam ruang redaksi. Konsep dan strategi penanganan yang luar biasa untuk menyiasati perubahan dalam masa pembenahan termasuk dari sisi berita dan pemilihan berita, judul, serta kemasan pun berubah baru, dari sisi penggunaan bahasa juga terdapat perubahan. Dengan adanya berbagai macam perubahan yang terjadi pada Wawasan, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih dalam mengenai model tabloidisasi yang diterapkan pada pemberitaan Wawasan, serta bagaimana pengelolaan atau manajemen pemberitaan Wawasan. Berdasarkan fokus penelitian dan subyek yang diteliti tentang model tabloidisasi dan pengelolaan atau manajemen pemberitaan pada harian Wawasan, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pendekatan deskriptif kualitatif. Model pendekatan semacam ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk mendapatkan informasi lebih dalam mengenai permasalahan penelitian. Hasil temuan dari penelitian ini antara lain : telah terjadi tabloidisasi pada Wawasan pagi, hal ini terlihat pada penggunaan warna merah hitam atau biru dengan menggunakan fontase huruf yang besar pada judul-judul berita (headline), penggunaan bahasa yang “nakal”, penggunaan foto-foto berita yang berukuran besar, topik/tema dan isi pemberitaan lebih mengekspos persoalan-persoalan seperti kejahatan (kriminalitas), seputar seks (rubrik “Iki Piye”), sport (rubrik “Sportain”), entertainment dan berita gosip seputar artis (dalam rubrik “Gebyar”) serta tampilan atau lay-out media yang penuh warna. Latar belakang perubahan yang terjadi pada Wawasan dikarenakan perubahan peta bisnis media, untuk itu Wawasan melakukan perubahan jam terbit dari sore menjadi pagi, penerapan gaya tablodisasi dalam penyajian berita serta melakukan perubahan pada kebijakan redaksional yaitu dengan memberikan porsi berita lebih banyak pada berita-berita yang bersifat hiburan, kriminal, olahraga, seks, dan lain sebagainya. Selain itu, dari sisi cakupan wilayah pemberitaan, Wawasan pagi lebih banyak memberitakan berita seputar isu regional atau lokal. ABSTRACT Media tabloidization in newspapers to be a trend in Indonesia. Media tabloidization is a phenomenon when the non-tabloid media have characteristics similar to the tabloids. In the micro level, media tabloidization can be viewed as a phenomenon that involves a change in format of a traditional newspaper or other media, fueled by the desire of readers and advertisers demand. While the macro level, tabloidization can be viewed as a social phenomenon as well as symbolizing the inflammatory changes of the constitution. This phenomenon is not just happening on a national media but also penetrated the local media, one of which is Daily Newspapers “Wawasan”. To satisfy market needs, “Wawasan” change the format of the news. The format change to affect all lines, such as changes in hours of printing, the market segments orientation, shifting policy in the news, the news format, etc. Paradigm shifting is also happening in the newsroom. Concepts and strategies to deal with exceptional improvements include changes in the side of the news and news selection, headlines, as well as new packaging was changed, in terms of language use are also changing. With the various changes that occur in the Wawasan, this study intended to find out more about the model is applied to the news tabloidization in Wawasan, and how to control or management reporting in Wawasan. Based on the focus of research and the subjects studied on the model and the control or management tabloidization coverage in newspapers Wawasan, the research was conducted using a qualitative descriptive approach model. Model of such an approach was chosen because it allows researchers to obtain more information about the issues in the study. The findings of this study include: Wawasan Pagi has applied tablodization, this is shown by the use of red, black or blue colour with a large font fontase in the headlines (headlines), using of large size news photos, topics / themes and content of the news over expose problems such as crime, sex (the rubric of "Iki Piye"), sports ("Sportain"), entertainment news and gossip about the artist (under the rubric "Gebyar") as well as the appearance or layout of a full-color media. The background changes due to changes in our business media “Wawasan”, for that Wawasan to change hours of publication from the afternoon to morning publication, the application of force in the presentation of news tablodisasi and make changes in editorial policy is to offer the more news on the news is entertainment, crime, sports, sex, etc. Moreover, in terms of regional coverage of news, Wawasan Pagi preaching more about regional or local issues.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:38469
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2013 19:01
Last Modified:18 Dec 2015 17:41

Repository Staff Only: item control page