MEMAHAMI PEMAKNAAN AUDIENCE TERHADAP PEMBERITAAN PERISTIWA TRAUMATIK

Butsiana, Kriskayuda (2011) MEMAHAMI PEMAKNAAN AUDIENCE TERHADAP PEMBERITAAN PERISTIWA TRAUMATIK. Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF
99Kb
[img]
Preview
PDF
135Kb
[img]
Preview
PDF
538Kb
[img]
Preview
PDF
217Kb

Abstract

ABSTRAKSI Memahami Pemaknaan Audience Terhadap Pemberitaan Peristiwa Traumatik Setiap hari media massa menyajikan berita peristiwa traumatik kepada kita. Nilai berita yang tinggi dalam berita peristiwa traumatik membuat para jurnalis berlomba-lomba menyiarkan berita tersebut. Namun adakalanya media massa menyajikannya secara berlebihan, baik dilihat dari segi judul, narasi, foto atau tayangan televisi. Beragam reaksi dan komentar muncul dari masyarakat sebagai audience dari media massa. Reaksi dan komentar tersebut muncul karena mereka memiliki makna bagi berita peristiwa traumatik yang mereka baca atau lihat dan dengar. Korban peristiwa traumatik merupakan salah satu audience dari media massa. Sebagai audience, korban peristiwa traumatik pasti juga memiliki makna tersendiri terkait berita traumatik di media massa. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah jika audience pada umumnya memaknai realitas hanya berdasarkan pada realitas hasil bentukan media massa, bagaimana makna yang muncul pada korban peristiwa traumatik, dimana ia dan peristiwa yang dialaminya menjadi objek berita. Realitas yang mereka hadapi tidak hanya realitas bentukan media tetapi juga realitas yang sebenarnya. Permasalahan penelitian tersebut dijawab dengan menggunakan metode fenomenologi. Fenomenologi merupakan metode yang mempelajari realitas yang muncul dalam sebuah pengalaman, bagaimana cara individu menciptakan makna yang ia miliki dari pengalamannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Construction Theory dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann, Reader-Response Theory dari Stanley Fish, serta Phenomenology Theory dari Alfred Schutz. Hasil penelitian ini adalah korban peristiwa traumatik tidak selalu memberikan respon yang negative terhadap berita peristiwa traumatik yang cenderung didramatisir atau berlebihan. Bahkan ada yang memaknainya sebagai hal yang menguntungkan bagi dirinya. Perbedaan makna tersebut dipengaruhi oleh faktor pengetahuan, faktor usia, faktor ekonomi dan faktor pengalaman korban peristiwa traumatik dalam berinteraksi dengan jurnalis pada saat peristiwa traumatik terjadi. Kata kunci : berita peristiwa traumatik, pemaknaan audience, Fenomenologi ABSTRACT Understanding Audience Meaning to traumatic news Mass media provide us traumatic news everyday. Traumatic events that contain high news value, motivate the journalist to publish them. But sometimes mass media publish that events with dramatization effects. We can see them from the headline, narration, photo or video. There are so many reaction and comment from audience for that measures. They are emerge because of the audience meaning. The problem that came out for this research was if the audience have meaning base on reality that was produced by the mass media commonly, how about the victims of the traumatic events who became an object for the traumatic news. They have two realities, first, reality that they have seen and suffered directly, second, reality that was produced by the mass media. That research problem has been resolved with the phenomenology method. Phenomenology method is the method that learn about realities that comes out from the experience, how people create meaning from their experience. Theories that have been used in this research were Social Construction Theory from Peter L. Berger and Thomas Luckmann, Reader-Response Theory from Stanley Fish, and Phenomenology Theory from Alfred Schutz. The result are traumatic event’s victims aren’t always give a negative response for the traumatic news that tend to produce with dramatic effects. Even there was a traumatic event’s victim who considered traumatic news as a lucky for him. That different meanings are influenced by knowledge, age, economy and the interaction experience that have been had by traumatic event’s victims with the journalist when traumatic events was happening. Key words : traumatic news, audience meanings and phenomenology

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:38450
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2013 16:06
Last Modified:17 Dec 2015 16:21

Repository Staff Only: item control page