Hubungan Terpaan Iklan, Promosi Penjualan dan Public Relations terhadap Penciptaan Brand Equity Treasury Group pada Nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kanwil VII Semarang

Anindya, Ratna Wulandari (2010) Hubungan Terpaan Iklan, Promosi Penjualan dan Public Relations terhadap Penciptaan Brand Equity Treasury Group pada Nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kanwil VII Semarang. Masters thesis, Master Program in Communication Science.

[img]
Preview
PDF
36Kb
[img]
Preview
PDF
309Kb
[img]
Preview
PDF
181Kb
[img]
Preview
PDF
444Kb

Abstract

ABSTRAKSI Judul : Hubungan Terpaan Iklan, Promosi Penjualan dan Public Relations terhadap Penciptaan Brand Equity Treasury Group pada Nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kanwil VII Semarang Nama : Anindya Ratna Wulandari NIM : 04C008021 Penelitian ini disusun dilatarbelakangi oleh terdapatnya hubungan terpaan beberapa elemen IMC (Intergrated Marketing Communication) yang berupa iklan, promosi penjualan dan public relation terhadap terciptanya brand equity Treasury Group pada nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kanwil VII Semarang. Kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwasanya elemen IMC lebih efektif dan memiliki andil dalam mengembangkan dan meningkatkan market share Group Treasury serta memiliki peran bagi terciptanya Brand Equity Treasury Group di tengah-tengah nasabah Kanwil VII Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Terpaan Iklan, Promosi Penjualan dan Public Relation terhadap terciptanya brand equity Treasury Group pada nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kanwil VII Semarang I Teori-teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori pemrosesan-informasi (information processing theory) McGuire yang menyebutkan bahwa konsep komunikasi persuasi dan respon kognitif terhadap sebuah pesan persuasif yang menjadi bagian penting proses persuasi. Orang secara selektif membuka dirinya pada isi media massa dan mendukung gagasan bahwa setiap orang memilih isi media untuk memberikan gratifikasi yang tengah mereka cari. Serta menyebutkan bahwa perubahan sikap yang ekstensif berfokus pada tahap menuruti atau sepakat terhadap pesan yang mengandung informasi. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif. Riset ini menghubungkan atau mencari sebab akibat antara dua atau lebih konsep (variabel) yang akan diteliti. Periset membutuhkan definisi konsep, kerangka konseptual dan kerangka teori. Sedangkan populasi yang diambil adalah keseluruhan nasabah dengan jumlah populasi ¬+ 298. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan penghitungan Koefisien Pearson, untuk menguji hubungan variabel X dengan variabel Y dilakukan dengan menggunakan rumus statistik koefisien korelasi yaitu Koefisien Pearson dan digunakan program SPSS dalam proses pengolahan data untuk melihat signifikansi antar variabel dengan taraf kepercayaan 95% dan derajat kepercayaan 0,05. Hasil perhitungan statistik menyatakan hipotesa 0,697 signifikan dengan ketentuan didapat dari R hitung sebesar 0,288 dengan signifikan 1% hal ini menunjukkan bahwa variabel X dengan Y dikatakan Signifikan karena R hitung 0,288 > Rtabel 0,243. Sedangkan korelasi X1 terhadap Y sebesar 0,703; X2 terhadap Y sebesar 0,679; X3 terhadap Y sebesar 0,636. Sehingga hipotesis menyatakan hubungan Terpaan Iklan, PR dan Promosi Penjualan mempunyai pengaruh positif dengan penciptaan Brand Equity Treasury Group di tengah-tengah nasabah Kanwil VII Semarang. Saran yang dapat penulis ajukan dari kesimpulan diatas adalah sebaiknya perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan jeli membaca peluang yang ada dalam mencari formula ideal dari brand equity sebuah produk agar dapat meningkatkan marketshare, volume dan profit ABSTRACT Judul : Relationship Between Advertising Stressed, Sales Promotion and Public Relations of the Creation of Brand Equity Treasury Group in the Customer Page. Bank Mandiri (Persero) Tbk at the VII Regional Office Semarang Nama : Anindya Ratna Wulandari NIM : D4C008021 This study compiled by the presence of background exposure to some elements of the relationship of IMC (Integrated Marketing Communication) in the form of advertising, sales promotion and public relations toward the creation of brand equity on customer PT Treasury Group. Bank Mandiri (Persero) Tbk at the VII Regional Office, Semarang. The fact that happened on the ground shows that the IMC element is more effective and have contributed in developing and increasing market share for the Group Treasury and has a role for the creation of Brand Equity Treasury Group is in the midst customers VII Regional Office, Semarang. The purpose of this study was to determine whether there stresses Relations Advertising, Sales Promotion and Public Relations of the creation of brand equity on customer PT Treasury Group. Bank Mandiri (Persero) Tbk at the VII Regional Office Hyderabad The theories that support in this research is theory-information processing (information processing theory) McGuire, which states that the concept of persuasive communication and cognitive responses to a persuasive message is an important part of the persuasion process. people selectively exposing itself to the mass media content and supports the idea that every people choose media content to provide a middle gratification they seek. And tells that the change in attitude which focuses extensively on stage obey or agree to a message containing the information . This type of research used in this study is explanative. This research or to find a causal link between two or more concepts (variables) that will be studied. Researchers need a definition of the concept, conceptual framework and theoretical framework. While the overall population is taken from customers with a total population ± 298. Based on the results of research using Pearson coefficient calculation, to examine the relationship variables X with variables Y is done by using a statistical formula that is coefficient of Pearson correlation coefficient and the use of SPSS in data processing to see the significance between variables with a level of 95% and the degree of belief 0,05. The result of statistical calculation stated hypothesis significantly with the pro isions of 0.697 obtained from the R count of 0.288 with a significance of 1% this indicates that the variable X to Y is said to count Significant because R 0.288> 0.243 Rtabel. While the correlation of X1 on Y of 0.703; X2 to Y at 0.679; X3 to Y of 0.636. Thus the hypothesis stating the relationship exposure advertising, PR and Sales Promotion has a positive effect with the creation of Brand Equity Treasury Group in the midst customers VII Regional Office, Semarang. Suggestions to the author proposed the conclusion above is preferably perusahaan claimed to be more creative and observant reading opportunities that exist in the search for the ideal formula of brand equity of a product for adpat increase marketshare, volume and profit.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:38417
Deposited By:Magister Ilmu Komunikasi
Deposited On:13 Feb 2013 20:02
Last Modified:16 Dec 2015 16:38

Repository Staff Only: item control page