PENGARUH PEMBERIAN BUAH PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDL DAN KOLESTEROL HDL PADA TIKUS SPRAGUE DAWLEY DENGAN HIPERKOLESTEROLEMIA

Asmariani, Widitha Gustining and Probosari, Enny (2012) PENGARUH PEMBERIAN BUAH PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDL DAN KOLESTEROL HDL PADA TIKUS SPRAGUE DAWLEY DENGAN HIPERKOLESTEROLEMIA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
380Kb

Official URL: http://widanarta.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan kadar kolesterol LDL dan penurunan kadar kolesterol HDL dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler. Pengaturan diet merupakan salah satu terapi yang disarankan sebagai upaya menurunkan kadar kolesterol LDL yaitu dengan mengkonsumsi buah kaya serat. Buah pepaya mengandung niasin, serat, dan antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL serta quercetin untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian buah pepaya terhadap kadar kolesterol LDL dan kolesterol HDL tikus hiperkolesterolemia. Metode: Penelitian ini berjenis true-experimental dengan pre-post test with control group design. Subjek penelitian adalah tikus galur Sprague Dowley berumur 7-8 minggu, berat 100-200 gr, diinduksi hiperkolesterolemia, diberi buah pepaya dosis 5,4 gr, 7,2 gr, dan 9,0 per hari selama 4 minggu. Kadar kolesterol LDL dan kolesterol HDL diperiksa dengan metode direk menggunakan reagen LDL-C Select (DiaSys) dan CHOP-PAP. Normalitas data diuji dengan uji Shapiro Wilks. Data dianalisis dengan uji t berpasangan yang dilanjutkan uji One Way Anova dan post-hoc LSD. Hasil: Pemberian buah pepaya pada dosis 5,4 gr/hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (p<0,05) secara bermakna dari 45,29±9,05 mg/dl menjadi 30,29±5,31 mg/dl tetapi pada dosis yang sama menurunkan kadar kolesterol HDL dari 25,71 ± 5,09 menjadi 25,57 ± 3,59 mg/dl. Dosis pemberian lain yaitu 7,2 gr dan 9,0 gr per hari tidak memberikan pengaruh bermakna terhadap penurunan kadar kolesterol LDL maupun peningkatan kolesterol HDL. Simpulan: Buah pepaya tidak dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL pada tikus hiperkolesterolemia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:buah pepaya, kolesterol LDL, kolesterol HDL, hiperkolesterolemia
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:38408
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Feb 2013 09:15
Last Modified:13 Feb 2013 09:15

Repository Staff Only: item control page