KEPATUHAN KONSUMSI TABLET BESI FOLAT PADA IBU HAMIL DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

Rahmawati, Febriana and Subagio, Hertanto Wahyu (2012) KEPATUHAN KONSUMSI TABLET BESI FOLAT PADA IBU HAMIL DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
318Kb

Abstract

Latar belakang: Anemia pada wanita hamil dapat mengakibatkan kematian maternal, peningkatan angka kesakitan dan kematian janin. Program suplementasi besi seharusnya memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi mengingat tablet mudah diperoleh dan gratis. Namun pada kenyatannya banyak ibu hamil yang tidak patuh mengkonsumsinya. Tujuan: menganalisis kepatuhan konsumsi tablet besi folat pada ibu hamil di Puskesmas Halmahera dan faktor yang mempengaruhi Metoda: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang dilakukan dengan menggunakan desain cross-sectional di Puskesmas Halmahera. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah sebesar 56 orang ibu hamil. Pengambilan subyek dilakukan dengan menggunakan teknik consecutive sampling dengan kriteria ibu hamil trimester 2 dan 3. Data kepatuhan, pengetahuan, tingkat pendidikan, dukungan keluarga dan kepuasan terhadap pelayanan kesehatan diperoleh melalui wawancara dengan kuesioner. Normalitas data diuji dengan Kolmogorov-Smirnov. Analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan uji Rank Spearman Hasil: adanya hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan (r=0,370, p=0,005), tidak ada hubungan yang bermakna antara pendidikan dengan kepatuhan (r=0,032, p=0,817), tidak ada hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan kepatuhan (r=0,216, p=0,115) dan tidak ada hubungan bermakna antara pelayanan kesehatan dengan kepatuhan (r= 0,217, p= 0,108) Simpulan: Lebih dari setengah jumlah responden (58,9%) tidak patuh mengkonsumsi tablet besi folat. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa variabel pengetahuan menjadi faktor yang paling berpengaruh dibandingkan faktor yang lainnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:ibu hamil, kepatuhan, tablet besi folat, pengetahuan, pendidikan, dukungan keluarga, pelayanan kesehatan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:38397
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:12 Feb 2013 11:30
Last Modified:12 Feb 2013 11:30

Repository Staff Only: item control page