HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU BURUH PABRIK TENTANG KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI) DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA (Studi Di Kelurahan Pagersari Ungaran Kabupaten Semarang)

Octaviani, Irma Aryati and Margawati, Ani (2012) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU BURUH PABRIK TENTANG KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI) DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA (Studi Di Kelurahan Pagersari Ungaran Kabupaten Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
264Kb

Abstract

Latar Belakang: Kekurangan gizi menjadi salah satu penyebab kesakitan dan kematian pada anak-anak usia dibawah lima tahun. Ibu yang bekerja sebagai buruh pabrik mempunyai waktu bekerja lebih lama, sehingga berhubungan dengan waktu yang dimiliki ibu untuk menyediakan makanan yang bergizi bagi keluarganya. Upaya yang diharapkan berdampak pada perbaikan status gizi adalah meningkatkan mutu konsumsi makanan melalui program Kadarzi. Rendahnya pengetahuan dan perilaku ibu terhadap gizi merupakan faktor yang berpengaruh pada pencapaian program Kadarzi. Oleh karena itu, upaya pencegahan terjadinya gizi kurang dapat melalui peningkatan pengetahuan gizi dan kesadaran ibu akan pentingnya perilaku Kadarzi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan perilaku ibu buruh pabrik tentang Kadarzi dengan status gizi anak balita. Metode: Desain studi adalah cross sectional pada 39 anak balita usia 12-36 bulan dari ibu buruh pabrik di kelurahan Pagersari, Ungaran. Status gizi berdasarkan BB/TB dinilai dengan z-score. Pengetahuan dan perilaku Kadarzi diukur menggunakan kuesioner, pengukuran kadar yodium garam di laboratorium , asupan makanan dan konsumsi keanekaragaman makanan menggunakan recall 3x24 jam. Analisis menggunakan Rank Sparman, dan korelasi parsial Hasil: Sebanyak 15,4% balita termasuk kategori kurus. Tidak ada hubungan antara pengetahuan Kadarzi dengan perilaku Kadarzi (r= 0,226, p=0,116). Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang Kadarzi dengan status gizi anak balita (r=0,092, p=0,577). Terdapat hubungan antara perilaku Kadarzi dengan status gizi anak balita (r=0,444, p=0,005). Kesimpulan: Ada hubungan antara perilaku Kadarzi dengan status gizi anak balita. Namun, tidak terdapat hubungan antara pengetahuan Kadarzi dengan status gizi anak balita.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:pengetahuan, perilaku, status gizi anak balita, Kadarzi, ibu buruh pabrik
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:38395
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:12 Feb 2013 09:40
Last Modified:12 Feb 2013 09:40

Repository Staff Only: item control page