HUBUNGAN ANTARA FAKTOR EKSTERNAL PEGAWAI DENGAN PRAKTEK PENGELOLAAN DATA REKAM MEDIS DI rsud DR, RUBINI MEMPAWAH TAHUN 2008

Butar butar, Purnama (2009) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR EKSTERNAL PEGAWAI DENGAN PRAKTEK PENGELOLAAN DATA REKAM MEDIS DI rsud DR, RUBINI MEMPAWAH TAHUN 2008. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
14Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Rumah sakit bertujuan untuk memberikan pelayanan k4esehatan kepada masyarakat, yang terus dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan PerMenKes RI No.749a/MENKES/Per?XII/1980 tentang rekam medismenyatakan peningkatan mutu harus disertai adanya sarana penunjamg yang memadai antara lain penyelenggaraan rekam medis pada setiap sarana pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor eksternal pegawai yang berhubungan dengan praktek pengelolaan data rekam medis di RSUD dr.Rubini Mempawah. Jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan cross sectional.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung pada 17 orang petugas rekam dan uji statistik yang digunakan adalah uji Rank Spearmandan Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 52,9 % responden mengatakan sumber daya yang disediakan tidak mendukung, 58 % responden merasa kompensasi mendukung, 76,6 % responden merasa dukungan atasan cukup, 58,8 % merasa supervisi cukup, danm praktek pengelolaan data rekam medis petugas rekam medis di RSUD dr. Rubini Mempawah adalah cukup 53,0 %. Hasil uji korelasi Rank Spearmandan, sumber daya (p value = 0,001),kompensasi (p value = 0,001), dukungan atasan (p value = 0,003),supervisi (p value = 0,025,) mempunyai hubungan yang signifikan dengan praktek pengelolaan data rekam medis. Untuk mengetahui praktek pengelolaan data rekam medis yang dilakukan petugas, perlu menyediakan lemari khusus penyimpanan dokumen rekam medis yang bertutup, pemberian kompensasi yang sesuai prestasi kerja, atasan memberi perhatian terhadap hasil kerja petugas dan supervisor melakukan koreksi terhadap pekerjaan yang dilakukan petugas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38360
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:11 Feb 2013 09:45
Last Modified:11 Feb 2013 09:45

Repository Staff Only: item control page