EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS BERBASIS KOMPUTER DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG TAHUN 2009

WULANDARI, RETNO (2009) EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS BERBASIS KOMPUTER DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG TAHUN 2009. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]PDF - Published Version

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS)di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang dikembangkan sejak tahun 2004, namun hanya 13 Puskesmas dari 37 Puskesmas yang baru menggunakan SIMPUS. Hal ini disebabkan SIMPUS diterapkan secara bertahap. Di tahun 2009, SIMPUS di 13 puskesmas masih mengalami kendala, baik dari segi pengguna maupun aplikasi, maka perlu diadakan evaluasi terhadap kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kinerja SIMPUS berbasis komputer melalui pendekatan Technology Acceptance Model di puskesmas wilayah kerja DKK Semarang tahun 2009. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dipilih secara purposif sejumlah 15 orang staf teknis SIMPUS, diambil pada masing-masing unit (loket, BP, KIA, Apotik dan SP3). Penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan check list. Analisis data menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIMPUS DKK Semarang mengalami kendala, yaitu kebutuhan informasi yang terus berkembang, sehingga SIMPUS harus dikembangkan setiap saat, tetapi pada kenyataannya pengembangan SIMPUS tidak bisa dilakukan setiap saat. Persepsi semua staf teknis mengatakan SIMPUS mudah digunakan. sebagian besar staf teknis mengatakan SIMPUS telah bermanfaat dalam pengelolaan data, tetapi sebagian kecil tidak mengatakan SIMPUS bermanfaat karena DKK masih meminta pelaporan data puskesmas memakai prosedur lama secara manual. Sebagian besar sikap dan perilaku staf menunjukkan ingin tetap menggunakan SIMPUS, dan hampir semua staf teknis menggunakan SIMPUS selama jam kerja, namun infrastruktur banyak yang rusak. Disarankan bagi DKK untuk melakukan pengembangan pelaporan informasi secara online, agar tidak ada lagi pelaporan memakai prosedur lama secara manual dan pengembangan SIMPUS secara berkala agar informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan informasi yang terus berkembang, serta pembentukan tim teknologi informatika untuk mengatasi kerusakan infrastruktur SIMPUS. Kata Kunci: Sistem Informasi Kesehatan, Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38351
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Feb 2013 14:29
Last Modified:07 Feb 2013 14:29

Repository Staff Only: item control page