GAMBARAN EPIDEMIOLOGI KASUS CAMPAK DI KOTA CIREBON TAHUN 2004-2011 (STUDI KASUS DATA SURVEILANS EPIDEMIOLOGI CAMPAK DI DINAS KESEHATAN KOTA CIREBON)

NURANI, DIAN SARI (2012) GAMBARAN EPIDEMIOLOGI KASUS CAMPAK DI KOTA CIREBON TAHUN 2004-2011 (STUDI KASUS DATA SURVEILANS EPIDEMIOLOGI CAMPAK DI DINAS KESEHATAN KOTA CIREBON). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Published Version

Abstract

Campak merupakan salah satu dari lima penyakit penyebab utama kematian anak di Indonesia, termasuk di Kota Cirebon. Pada tahun 2011 insiden kumulatif campak tertinggi di Cirebon adalah pada kelompok umur dibawah lima tahun yaitu sebesar 33,27 per 10.000 orang tahun. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi tingginya kasus campak di Cirebon adalah status imunisasi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran epidemiologi kasus campak di Kota Cirebon tahun 2004-2011. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian epidemiologi deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kejadian campak yang tercatat sebagai kasus campak dan dilaporkan dari 22 puskesmas se-kota Cirebon, tidak termasuk data surveilans campak dari rumah sakit. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus campak banyak terjadi pada daerah dengan kepadatan penduduk tinggi dan cakupan imunisasi kelurahan yang rendah, insiden tertinggi terjadi pada kelompok umur < 5 tahun dengan status tidak diimunisasi, dan kasus tertinggi terjadi pada bulan April dan Oktober. Cakupan imunisasi campak di Cirebon belum merata, sehingga mengakibatkan tingginya jumlah kasus campak di beberapa kelurahan yang belum mencapai target UCI (>80%). Saran bagi Dinas Kesehatan Kota Cirebon adalah meningkatkan respon kewaspadaan pada kelurahan risiko tinggi kasus campak, meningkatkan cakupan imunisasi campak di seluruh kelurahan di kota Cirebon, terutama pada kelompok umur dibawah lima tahun serta pemberian penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi campak. Kata Kunci: Epidemiologi, Campak, Surveilans, Cirebon

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38338
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Feb 2013 09:22
Last Modified:07 Feb 2013 09:22

Repository Staff Only: item control page