PENGGUNAAN KONDOM DAN VAGINAL HIGIENE SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEJADIAN INFEKSI MENULAR SEKSUAL PADA WANITA PEKERJA SEKS DI LOKASI BATU 24 KABUPATEN BINTAN

ARIFIN, NUR FITRIANA (2012) PENGGUNAAN KONDOM DAN VAGINAL HIGIENE SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEJADIAN INFEKSI MENULAR SEKSUAL PADA WANITA PEKERJA SEKS DI LOKASI BATU 24 KABUPATEN BINTAN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Published Version

Abstract

Infeksi menular seksual disebut juga penyakit kelamin, merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Salah satu kelompok berisiko IMS adalah Wanita Pekerja Seks. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor penggunaan kondom dan vaginal higiene pada wanita pekerja seks yang berada di Lokasi Batu 24 Kabupaten Bintan tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah Analitik menggunakan metode survei cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah Seluruh Wanita Pekerja Seks di Lokasi Batu 24 Kabupaten Bintan yang berobat ke Klinik IMS Bukit Bestari Toapaya. Faktor risiko yang diteliti adalah penggunaan kondom, jenis kondom, cara penggunaan kondom, vaginal higiene, dan kebiasaan menggunakan antiseptik pada alat genital. Uji statistik yang digunakan adalah Chi square dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada faktor risiko penggunaan kondom yang tidak konsisten, jenis kondom ekstra tipis, cara penggunaan kondom yang tidak sesuai (sebelum ereksi), kurangnya menjaga kebersihan organ genital dengan baik dan penggunaan antiseptik yang tidak teratur setelah melakukan hubungan seks. Bagi Unit Pelayanan Kesehatan diharapkan upaya preventif yang dilakukan dalam peningkatan persediaan kondom dan penggunaan kondom bagi pelanggan dan bekerja sama dalam upaya deteksi dini IMS pada WPS. Kata Kunci: Wanita Pekerja Seks, Penggunaan Kondom, Vaginal Higiene, Infeksi Menular Seksual (IMS)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38325
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:07 Feb 2013 08:29
Last Modified:07 Feb 2013 08:29

Repository Staff Only: item control page