PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK ANTARA MAHASISWA IKUT DAN TIDAK DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Amisita Rizki Kurnia L., ARKL (2013) PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK ANTARA MAHASISWA IKUT DAN TIDAK DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF

Abstract

Penelitian tentang perbedaan prokrastinasi akademik antara mahasiswa ikut dan tidak ikut dalam organisasi kemahasiswaan di Universitas Diponegoro Semarang. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Sains Matematika, semester IV-VI, dan yang ikut ataupun tidak ikut dalam organisasi kemahasiswaan. Sampel uji coba 80 mahasiswa dan subjek penelitian 130 mahasiswa. Alat ukur penelitian menggunakan skala prokrastinasi akademik, dengan 48 item uji coba (α = 943) dan 43 item penelitian (α = 949). Skala tersebut disusun berdasarkan penskalaan model Likert dan analisis data menggunakan program SPSS versi 17.0 Hasil analisis data dilakukan dengan uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed-Rank Test). Analisis data diperoleh nilai (z=-0,585) dan sig (p=0,558). Hipotesis penelitian, yaitu tidak terdapat perbedaan prokrastinasi akademik yang signifikan, namun mahasiswa yang tidak ikut dalam organisasi lebih tinggi prokrastinasi akademiknya daripada mahasiswa yang ikut dalam organisasi kemahasiswaan di Fakultas Teknik dan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:38305
Deposited By:Mr Joko Santoso Psikologi
Deposited On:06 Feb 2013 14:26
Last Modified:06 Feb 2013 14:26

Repository Staff Only: item control page