ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI asa M PEREMPUAN DALAM PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN REGRESI TOBIT

INAYAH , NURUL (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI asa M PEREMPUAN DALAM PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN REGRESI TOBIT. Undergraduate thesis, Fakultas MIPA.

[img]PDF

Abstract

Partisipasi perempuan dalam perekonomian rumah tangga dapat dilihat dari jumlah jam kerjanya yaitu tidak ikut berpartisipasi (tidak bekerja) yang memiliki jumlah jam kerja nol dan ikut berpartisipasi (bekerja) memiliki jumlah jam kerja yang bervariasi. Jumlah jam kerja perempuan termasuk data campuran atau data tersensor karena sebagian data bernilai nol (diskrit) dan sebagian lainnya merupakan data kontinu karena mempunyai nilai yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi perempuan dalam perekonomian rumah tangga di Kota Semarang dengan metode regresi klasik dan regresi tobit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada model regresi linier klasik terjadi pelanggaran asumsi error yaitu asumsi normalitas sehingga model regresi linier tidak dapat diterapkan. Banyaknya variabel dependen yang bernilai nol menyebabkan sulit dilakukan transformasi untuk mengatasi masalah pelanggaran asumsi tersebut. Hal ini berbeda dengan model regresi tobit karena asumsi error dapat diabaikan. Dengan model regresi tobit diperoleh variabel independen yang signifikan berpengaruh terhadap partisipasi perempuan dalam perekonomian rumah tangga di Kota Semarang yaitu umur perempuan dan status dalam perkawinan dengan koefisien determinasi 6.31%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Regresi Tobit, Partisipasi Perempuan, Jumlah Jam Kerja
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:38299
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:06 Feb 2013 13:55
Last Modified:06 Feb 2013 13:55

Repository Staff Only: item control page