HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KOMUNIKASI ATASAN BAWAHAN DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN PATRA JASA CONVENTION HOTEL SEMARANG

Pamela Damayanti, PD (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KOMUNIKASI ATASAN BAWAHAN DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN PATRA JASA CONVENTION HOTEL SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF

Abstract

Komunikasi atasan terhadap karyawan yang dipersepsikan baik oleh karyawan akan membuat bawahan merasakan kepuasan. Kepuasan kerja akan memunculkan perilaku positif dalam bekerja salah satunya Organizational Citizenship Behavior (OCB). OCB termanifestasi dalam perilaku sukarela yang mencerminkan konstribusi positif yang aktif dan penghindaran terhadap hal-hal yang merugikan rekan kerja atau organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Persepsi Terhadap Komunikasi Atasan-Bawahan dengan OCB pada karyawan Patra Jasa Convention Hotel. Subjek dalam penelitian ini 110 karyawan metode pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Metode pengambilan data menggunakan skala, yaitu skala Persepsi Terhadap Komunikasi Atasan-Bawahan terdiri dari 33 item valid (α=0,052) dan skala OCB terdiri dari 32 item valid (α=0,282). Hasil analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi dengan r_xy0,480 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif yang signifikan antara Persepsi Terhadap Komunikasi Atasan-Bawahan dengan OCB. Hipotesis penelitian ini dapat diterima. Koefisien determinasi sebesar 0,371 memberi pengertian bahwa sumbangan efektif yang diberikan variabel Persepsi Terhadap Komunikasi Atasan-Bawahan terhadap OCB sebesar 37,1% dan sisanya 62,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:38296
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Feb 2013 13:45
Last Modified:06 Feb 2013 13:45

Repository Staff Only: item control page