PENGARUH MENULIS PENGALAMAN POSITIF DENGAN TOPIK SYUKUR TERHADAP STRES DALAM MENYUSUN SKRIPSI (Studi Eksperimental Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semarang)

Chris Agustina P., CAP (2013) PENGARUH MENULIS PENGALAMAN POSITIF DENGAN TOPIK SYUKUR TERHADAP STRES DALAM MENYUSUN SKRIPSI (Studi Eksperimental Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro Univesity.

[img]PDF

Abstract

Stres yang terjadi pada mahasiswa yang menyusun skripsi berakibat pada gangguan fisiologis, kognitif, emosi dan perilaku. Salah satu indikator gangguan kognitif yang terjadi adalah penurunan konsentrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh menulis pengalaman positif dengan topik syukur terhadap stress dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Undip Semarang. Menulis dengan topik syukur mencakup dua tahap yaitu self guided exercise untuk menciptakan perasaan syukur atau perasaan berterima kasih, takjub, senang, dan penghargaan terhadap pengalaman atau peristiwa yang telah terjadi dan elf disclosure atau pengungkapan diri yakni mengungkapkan pemikiran dan perasaan syukur subjek terhadap pengalaman yang menimbulkan perasaan berterima kasih, takjub, senang, dan penghargaan kedalam suatu tulisan. Subjek penelitian ini adalah dua orang mahasiswa Fakultas Psikologi Undip. Penelitian ini menggunakan desain single case, dimana target perilaku yang diukur selama fase baseline dan fase perlakuan adalah kemampuan konsentrasi subjek melalui Tes Digit Span. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Stres Dalam Menyusun Skripsi dan Tes digit span. Skala stres dalam menyusun skripsi digunakan untuk mengukur tingkat stres subjek dalam menyusun skripsi. Tes Digit Span digunakan untuk mengukur kemampuan konsentrasi subjek selama fase baseline dan perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode analisis visual grafik dan metode kualitatif. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh menulis pengalaman positif dengan topik syukur terhadap penurunan stres mahasiswa dalam menyusun skripsi. Penurunan stres tersebut terlihat dari adanya peningkatan kemampuan konsentrasi subjek yang ditunjukan melalui peningkatan jumlah skor benar dalam tes digit span setelah perlakuan diberikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:38291
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Feb 2013 13:31
Last Modified:06 Feb 2013 13:31

Repository Staff Only: item control page