TEORI RESPON ITEM DENGAN PENDEKATAN MODEL LOGISTIK DUA PARAMETER

Millaturrachma, Firda (2012) TEORI RESPON ITEM DENGAN PENDEKATAN MODEL LOGISTIK DUA PARAMETER. Undergraduate thesis, Fakultas MIPA.

[img]PDF

Abstract

Evaluasi dalam sistem pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk memonitor kualitas pendidikan. Tes atau ujian merupakan salah satu cara yang mudah untuk melakukan evaluasi hasil belajar. Evaluasi menuntut penggunaan seperangkat tes yang akurat dan bermakna agar informasi mengenai kemampuan siswa dapat diketahui. Kebutuhan akan seperangkat tes yang berkualitas menjadi latar belakang pentingnya melakukan analisis item. Teori respon item merupakan teori tes modern yang dikembangkan untuk mengetahui kualitas suatu item tes dan mengevaluasinya. Salah satu model yang digunakan dalam teori respon item adalah model logistik dua parameter yang melibatkan parameter tingkat kesukaran item dan daya beda item. Model logistik dua parameter sesuai untuk data respon yang dikotomi yang berasal dari tes bertipe pilihan ganda. Asumsi yang harus dipenuhi dalam model ini adalah unidimensionalitas dan independensi lokal. Metode estimasi parameter yang digunakan adalah Marginal Maximum Likelihood Estimation (MMLE).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Teori respon item, model logistik dua parameter, unidimensionalitas, independensi lokal, Marginal Maximum Likelihood Estimation (MMLE).
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:38286
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:06 Feb 2013 13:11
Last Modified:06 Feb 2013 13:11

Repository Staff Only: item control page