PEMODELAN REGRESI SPLINE DENGAN VARIABEL DUMMY PADA PENDERITA PENYAKIT JANTUNG KORONER (Studi Kasus di RSUP. H. Adam Malik Medan)

Purba, Della Angelina (2012) PEMODELAN REGRESI SPLINE DENGAN VARIABEL DUMMY PADA PENDERITA PENYAKIT JANTUNG KORONER (Studi Kasus di RSUP. H. Adam Malik Medan). Undergraduate thesis, Fakultas MIPA.

[img]PDF

Abstract

Penyakit jantung koroner (PJK) telah menjadi penyebab kematian utama di Indonesia. Penyebab terjadinya PJK dikarenakan adanya hambatan aliran darah pada arteri koroner yang menyuplai darah ke jantung. Banyak faktor yang diduga berpengaruh terhadap timbulnya PJK, diantaranya adalah kadar kolesterol dalam darah, tekanan darah, diabetes mellitus, stress, kegemukan, umur, jenis kelamin dan keturunan. Dalam penelitian ini akan dibahas pola hubungan antara umur dan jenis kelamin terhadap kadar kolesterol dalam darah penderita PJK yang menjadi faktor risiko utama terjadinya PJK dengan pendekatan secara nonparametrik. Pendekatan secara nonparametrik dilakukan karena data dalam penelitian ini tidak membentuk suatu pola tertentu, sehingga pendekatan secara nonparametrik diharapkan mampu mengestimasi perubahan pola data pada setiap intervalnya. Pendekatan secara nonparametrik yang digunakan adalah estimasi regresi spline, dikarenakan regresi spline mempunyai sifat fleksibiltas yang tinggi dan mempunyai kemampuan mengestimasi perilaku data yang cenderung berbeda pada setiap intervalnya. Estimasi model regresi spline terbaik ada pada estimasi model spline linier dengan dua titik knot yaitu pada titik knot 48 dan 54.7. Dalam penelitian ini, variabel dummy digunakan untuk mengkategorikan penderita PJK. Sehingga dapat diinterpretasikan pada saat umur pasien 48 tahun, maka estimasi kadar kolesterol dalam darah adalah , sedangkan untuk umur lebih dari 48 tahun dan kurang dari 54.7 tahun, estimasi kadar kolesterol darah adalah , dan pada umur lebih dari 54.7 tahun estimasi kadar kolesterol darah menggunakan model Secara statistik, faktor umur dan jenis kelamin penderita PJK hanya mempengaruhi sebesar 34,52 % terhadap kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi perubahan tingkat kadar kolesterol darah pasien penderita PJK yang ada di RSUP H. Adam Malik Medan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Regresi Spline , Variabel Dummy, Titik Knot, Jantung Koroner
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:38284
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:06 Feb 2013 11:35
Last Modified:06 Feb 2013 11:35

Repository Staff Only: item control page