HUBUNGAN PENGETAHUAN SUAMI TENTANG PERAWATAN KEHAMILAN DENGAN PARTISIPASI SUAMI DALAM PERAWATAN KEHAMILAN DI WILAYAH PUSKESMAS ROWOSARI 02 KABUPATEN KENDAL TAHUN 2010

MAHARANY, AMBAR ARUM (2010) HUBUNGAN PENGETAHUAN SUAMI TENTANG PERAWATAN KEHAMILAN DENGAN PARTISIPASI SUAMI DALAM PERAWATAN KEHAMILAN DI WILAYAH PUSKESMAS ROWOSARI 02 KABUPATEN KENDAL TAHUN 2010. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]PDF - Published Version

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Angka kematian ibu dan angka kematian bayi merupakan indikator penilaian derajat kesehatan ibu dan anak. Kematian ini umumnya dapat dicegah bila komplikasi kehamilan dan keadaan resiko tinggi dapat dideteksi sejak dini, didukung dengan pengetahuan dan partisipasi suami dalam kehamilan istrinya. Pada umumnya keterlibatan suami dalam hal perawatan kehamilan dan kelahiran bayi masih rendah. faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu pengetahuan, tingkat pendidikan, budaya, pendapatan, dan lain-lain. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan di wilayah Puskesmas Rowosari 02 Kabupaten Kendal tahun 2010. metode penelitian dilakukan secara explanatory research dengan pendekatan cross sectional. populasi dalam penelitian adalah semua suami ibu hamil trimester 3 yang memeriksakan kehamilannya di wilayah Puskesmas Rowosari 02 Kabupaten Kendal tahun 2010 pada bulan Januari-Februari 2010 dengan jumlah 65 ibu hamil. dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. alat pengumpul data adalah kuesioner tertutup. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis Chi square. hasil penelitian ini didapatkan adanya hubungan pengetahuan suami tentang perawatan kehamilan dengan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan di Wilayah Puskesmas Rowosari 02 Kabupaten Kendal Tahun 2010(nilai p = 0,019) dan (nilai p = 0,006). oleh karena itu perlu meningkatkan pengetahuan dan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan melalui tenaga kesehatan dengan KIE tentang perawatan kehamilan pada pihak suami secara berkesinambungan. Kata Kunci: Pengetahuan, Partisipasi Suami, Perawatan kehamilan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38275
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:06 Feb 2013 09:25
Last Modified:06 Feb 2013 09:25

Repository Staff Only: item control page