HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN INTENSI MEMBELI PONSEL SAMSUNG YANG MENGGUNAKAN OPERATING SYSTEM (OS) ANDROID PADA MAHASISWA ANGKATAN 2011 FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Regina Ayu Windy Pramudityas, RAW (2012) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN INTENSI MEMBELI PONSEL SAMSUNG YANG MENGGUNAKAN OPERATING SYSTEM (OS) ANDROID PADA MAHASISWA ANGKATAN 2011 FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF

Abstract

Perkembangan pesat di bidang ponsel mengakibatkan produsen berlomba-lomba menghasilkan inovasi dan menghasilkan operating system (OS). Seiring dengan munculnya OS maka konsumen memiliki intensi membeli ponsel. Intensi membeli adalah niat atau keinginan seseorang untuk melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan penggunaan teknologi OS Android. Salah satu merek yang konsisten dengan OS Android adalah Samsung. Citra Merek adalah asosiasi yang muncul atas hasil penilaian konsumen atas promosi yang telah tersimpan dalam benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dengan intensi membeli ponsel Samsung yang menggunakan operating system (OS) Android pada mahasiswa angkatan 2011 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Jumlah sampel penelitian berjumlah 205 orang, yang diperoleh melalui tekniksampling proporsional. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala Intensi Membeli (32 aitem valid, ∝ = 0,946) dan skala citra merek Samsung (21 aitem valid, ∝ = 0,856). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy= 0,656 dan p= 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif antara citra merek dengan intensi membeli ponsel Samsung yang menggunakan operating system Android. Semakin positif citra merek maka semakin tinggi intensi membeli ponsel Samsung yang menggunakan operating system Android dan sebaliknya. Sumbangan efektif citra merek Samsung sebesar 52,2% dan selebihnya berasal dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:38261
Deposited By:Mr Joko Santoso Psikologi
Deposited On:05 Feb 2013 14:56
Last Modified:05 Feb 2013 14:56

Repository Staff Only: item control page