HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 SEMARANG

Chiput Nurul A., CNA (2012) HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF

Abstract

Resiliensi akademik mengacu pada kemampuan siswa untuk bertahan dan beradaptasi secara positif dalam menghadapi tantangan akademik guna mencapai prestasi belajar yang maksimal. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi akademik terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 6 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah 269 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 119 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala resiliensi akademik yang terdiri dari 59 aitem (α=0,950) dan nilai raport siswa semester dua. Analisis korelasi menunjukkan rxy=0,615 dengan p=0,000 (p<0,05), artinya ada hubungan positif yang signifikan antara resiliensi akademik terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 6 Semarang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi resiliensi akademik maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai. Sebaliknya, semakin rendah resiliensi akademik maka semakin rendah prestasi belajar siswa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:38259
Deposited By:Mr Joko Santoso Psikologi
Deposited On:05 Feb 2013 14:47
Last Modified:05 Feb 2013 14:47

Repository Staff Only: item control page