KORELASI ANTARA ORIENTASI TUJUAN BELAJAR PERFORMANCE DENGAN PERILAKU MENCARI BANTUAN AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SEMARANG

Viantika Yusticia, VY (2013) KORELASI ANTARA ORIENTASI TUJUAN BELAJAR PERFORMANCE DENGAN PERILAKU MENCARI BANTUAN AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
[img]PDF

Abstract

Siswa kelas XI merupakan siswa yang mengalami masa transisi. Siswa memperoleh banyak pelajaran serta menjadi lebih tertantang secara intelektual dengan adanya tugas akademis (Santrock,23, h.259). Masing-masing murid mempunyai tujuan belajar sendiri sehingga mempengaruhi perilaku mencari bantuannya. Penelitian dilakukan untuk menguji secara empiris, korelasi antara orientasi tujuan belajar performance dengan perilaku mencari bantuan akademik pada siswa kelas XI Populasi penelitian ini adalah 411 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 200 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Prosedur cluster random sampling adalah pengambilan sampel yang dilakukan dengan melakukan randomisasi terhadap kelompok. Pengumpulan data menggunakan skala Orientasi Tujuan Belajar Performance yang terdiri dari 25 aitem (α=0,873) dan skala Perilaku Mencari Bantuan Akademik yang terdiri dari 24 aitem (α=0,869). Korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi (rxy) = -0,348 pada p = 0,000 (p<0,05), artinya terdapat hubungan negatif antara orientasi tujuan belajar performance dengan perilaku mencari bantuan akademik pada Siswa Kelas XI. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi orientasi tujuan belajar performance, maka semakin kecil perilaku mencari bantuan pada siswa kelas XI ataupun sebaliknya. Terdapat faktor lain yang mempengaruhi perilaku mencari bantuan seperti faktor lingkungan. Faktor lingkunganlah yang juga dapat mempengaruhi juga hasil penelitian di atas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:38253
Deposited By:Mr Joko Santoso Psikologi
Deposited On:05 Feb 2013 14:15
Last Modified:05 Feb 2013 14:15

Repository Staff Only: item control page