FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KADAR GULA DRAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS (Studi pada Penderita Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang)

HIKMAH, ANISA (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KADAR GULA DRAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS (Studi pada Penderita Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Published Version

Abstract

Penyakit diabetes mellitus tidak dapat disembuhkan secara total, tetapi dengan kadar gula darah yang terkendali penderita dapat hidup secara sehat dan normal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara diet, jenis olahraga, frekuensi olahraga, lama olahraga, dan rutinitas kontrol gula darah dengan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus di RSUD Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah penderita diabetes mellitus dengan kategori dewasa-muda yang berkunjung pada poli penyakit dalam di RSUD Kota Semarang pada bulan Juli 2006 sebanyak 347 sedangkan sampel diambil dari sebagian populasi dengan menggunakan tehnik pengambilan secara sampling accidentaldengan kriteria inklusi, dari perhitungan diperoleh 75 sampel. Pengumpulan data dengan kuesioner. Data dianalisis dengan uji chi squaredan kruskal-Wallis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes mellitus di RSUD Kota Semarang yang mempunyai kadar gula darah baik 82,7%, sedang 12%, dan buruk 5,3%. Faktor yang berhubungan dengan kadar gula darah yaitu diet (p:0,001), frekuensi olahraga (p:0,025), lama olahraga (p:0,003), dan rutinitas kontrol gula darah (p:0,0001. Sedangkan faktor yang tidak berhubungan adalah jenis olahraga (p:0,055). Kata Kunci: Kata kunci:diabetes mellitus, RSUD Kota Semarang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38226
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 Feb 2013 13:58
Last Modified:04 Feb 2013 13:58

Repository Staff Only: item control page