Model Pengaruh Umur, Pendidikan, Pengatahuan, Sikap, Dukungan Keluarga, dan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Pemanfaatan Posyandu Lansia (Studi Kasus Di Wilayah Kerja Puskesmas Gayamsari-Semarang)

Fitriani, Ari (2011) Model Pengaruh Umur, Pendidikan, Pengatahuan, Sikap, Dukungan Keluarga, dan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Pemanfaatan Posyandu Lansia (Studi Kasus Di Wilayah Kerja Puskesmas Gayamsari-Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]PDF - Published Version

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pertambahan penduduk lanjut usia secara bermakna akan disertai dengan berbagai masalah yang salah satunya ditandai dengan peningkatan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia yakni Posyandu Lansia. Data cakupan pelayanan di Wilayah Kerja Puskesmas Gayamsari sampai dengan Desember 2010 sebesar 38%, padahal target SMP sebesar 70%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pengaruh umur, pendidikan, pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dan kualitas pelayanan dengan tingkat pemanfaatan Posyandu Lansia. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan rancangan cross sectiona. Populasi dalam penelitian ini adalah semua lansia yang berdomisili di wilayah Gayamsari dan Kaligawe yang berjumlah 4579, sampel diambil sebanyak 94 responden menggunakan metode simple random sampling. analisa data menggunakan analisa bivariat (Rank Spearman), dan analisa multivariat (regresi ordinal) dengan confidance interval 95%(alpha 0,05). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan anatara pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dan kualitas pelayanan dengan tingkat pemanfaatan Posyandu Lansia dengan nilai p=0,001. Tidak terdapat hubungan antara umur dan pendidikan dengan tingkat pemanfaatan Posyandu Lansia. Hasil analisa multivariat, faktor yang berpengaruh dengan tingkat pemanfaatan Posyandu Lansia adalah sikap (nilai p=0,0001). Bila dibandingkan antara skor sikap tinggi dengan skor sikap lebih kecil dibawahnya, maka sikap responden yang tidak pernah berkunjung memiliki nilai Odd Ratio sebesar 0,549,sikap responden yang pernah berkunjung memiliki nilai Odd Ratio sebesar 0,647, sikap responden yang cukup rutin berkunjung memiliki nilai Odd Ratio sebesar 0,913, dan sikap responden yang rutin berkunjung memiliki nilai Odd Ratio sebesar 1,818. Saran untuk meningkatkan pemanfaatan Posyandu Lansia adalah dengan meningkatakan sosialisasi tentang Posyandu Lansia, melengkapi sarana dan prasarana khusus bagi lanjut usia serta memberi motivasi dan dukungan kepada lansia untuk rutin berkunjung.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38218
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 Feb 2013 09:50
Last Modified:04 Feb 2013 09:50

Repository Staff Only: item control page