HUBUNGAN PEMBERIAN ASI DENGAN GANGGUAN TIDUR (KURANG TIDUR) PADA BAYI (0-6 BULAN) DI KELURAHAN BUGANGAN KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG

SURYANINGRUM, NAWANTI (2006) HUBUNGAN PEMBERIAN ASI DENGAN GANGGUAN TIDUR (KURANG TIDUR) PADA BAYI (0-6 BULAN) DI KELURAHAN BUGANGAN KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Published Version

Abstract

Asi adalah makanan terbaik bagi bayi (0-6 bulan), karena mengandung berbagai macam zat gizi, termasuk protein yang 30%nya berupa alfa-laktalbumin atau alfa-protein. Triptofan sebagai salah salah satu komponen penyusun alfa-protein berperan dalam proses tidur. Pada saat ini, bayi yang berusia kurang dari 4 bulan sudah banyak yang diberi susu formula, pada hal kandungan alfa-laktalbumin berpengaruh pada ASI lebih tinngi padadari pada susu formula. Kurangnya asupan alfa-laktalbumin berpengaruh pada kualitas tidur bayi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pemberian ASI Eksklusif dengan kurang tidur pada bayi (0-6 bulan) di Kelurahan Bugangan, yang berjumlah 35 orang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei dan pendekatan cross sectiaon. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan hanya 10 orang (28,6%) pemberian ASI secara ekslusif. Rata-rata jam tidur adalah 13-51 jam per hari. Analisis hubungan dilakukan dengan menggunakan uji T. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan pemberian ASI dengan kejadian kurang tidur (p=0,000). Disarankan supaya informasi mengenai pemberian ASI Eksklusif dan dampak yang ditimbulkan lebih dipublikasikan ke masyarakat. Bagi penelitian lain supaya dilakukan lanjutan yang lebih mendalam tentang ASI (alfa-protein) dan kurang tidur pada bayi. Kata Kunci: ASI, Kurang tidur, bayi (0-6 bulan)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38212
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Feb 2013 15:42
Last Modified:01 Feb 2013 15:42

Repository Staff Only: item control page