GAMBARAN KARAKTERISTIK WANITA DAN BEBERAPA FAKTOR YANG TERKAIT DENGAN PRAKTIK WANITA MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAPSMEAR (Studi di Yayasan kanker Indonesia Jawa Tengah)

HAPSARI, YAYUK AGUSTIN (2006) GAMBARAN KARAKTERISTIK WANITA DAN BEBERAPA FAKTOR YANG TERKAIT DENGAN PRAKTIK WANITA MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAPSMEAR (Studi di Yayasan kanker Indonesia Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Published Version

Abstract

Kanker Leher rahim merupakan penyakit keganasan yang menimbulkan masalah kesehatan kaum wanita di dunia dan menduduki peringkat pertama pada kasus kanker yang menyerang wanita. Kanker ini kemungkinan besar dapat disembuhkan jika masih stadium dini. Kanker ini dapat dideteksi secara ini melalui pemeriksaan papsmearsecara berkala minimal satu tahun sekali sejak wanita aktif melakukan hubungan seksual. Pemeriksaan ini dapat dilakukan di beberapa tempat salah satunya di Yayasan KenkerIndonesia Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik wanita dan beberapa faktor yang terkait dengan praktik wanita melakukan pemeriksaan papsmear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.. Populasi adalah wanita yang melakukan papsmear di YKI Jawa Tengah bulan Mei sampai Juli 2005 dan jumlah sampel 50 Orang. Penelitian ini menggunakan metode kuanitatitif dan kualitatif. Pengambilan data kuantitatif menggunakan cara wawancara sedangkan data kualitatif dengan wawancara mendalam pada 15 responden. Hasil penelitian : 1. mayoritas responden berumum 40-50 tahun (52,0%), lulus SMA (62,0%), bekerja (62,0%), penghasilan 2-3 juta per bulan (48%0,) etnis pribumi (80,0%). 2. motivasi wanita melakukan papsmear karena mendapat informasi (40,0%), penyuluhan tenaga kesehtan (34,0%), gejala (26,0%), 3.informasi papsmear dari tugas kesehatan (44,0%), tetangga/teman/keluarga (32,0%), televisi (12,0%), buku (12,0%). 4. responden yang melakukan papsmear rutin 55,6%. 5. faktor yang terkait dengan praktik rutin papsmear : pendidikan, pekerjaan penghasilan, golongan etnis, sumber informasi dari petugas Kesehatan, persepsi pengalaman masa lalu, jarak tarif pelayanan kesehatan lain-lain YKI, tidak ad dorongan, hasil smear yang normal. Saran: dilakukannya penyuluhan kesehatan lebih internsif mengenai pentingnya papsmear secara rutin untuk deteksi dini kanker leher rahim. Kata Kunci: Papsmear, Kanker Leher Rahim

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38196
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Feb 2013 10:19
Last Modified:01 Feb 2013 10:19

Repository Staff Only: item control page