FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DALAM MENYELESAIKAN PENGOBATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES TAHUN 2005.

ASANNI, JOHAN (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DALAM MENYELESAIKAN PENGOBATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES TAHUN 2005. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Published Version

Abstract

Program penanggulangan Tuberkulosis Paru di Puskesmas Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dimulai sejak tahun 2001 dengan menggunakan strategi DOTS. Hasil cakupan penderita tuberkulosis yang patuh dalam menyelesaikan pengobatanpada tahun 2004 :70% dan tahun 2005 sebesar : 14,7%. Angka ini masih jauh dari target yang diharpkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penderita tuberkulosis paru dalam menyelesaikan pengobatannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan cross sectional. Sasaran adalah penderita tuberkulosis paru yang berumur lebih dari 15 tahun atau lebih yang ditemukan dan diobati di Puskesmas Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes sejak tanggal 1 januari 2005 sampai dengan Desember 2005. Jumlah responden 68 orang. Analisis data dengan uji Chi Square (alfa=0,05),signifikansi ditentukan jika kurang 0,05. Hasil penelitian menjukkan bahwa, variabel sikap (p=0,000), dukungan PMO (p=0,000) dan jenis kelamain (p=0,031) berhubungan secara signifikan dengan kepatuhan penderitatuberkulosis paru dalam menyelesiakan pengobatan,sedangkanvariabel yang tidak berhubungan adalah umur,tingkat pendidikan,tingkat pengetahuan,status pekerjaan, pendapatan dan jarak pelayanan. Disimpulkan bahwa faktor jenis kelamin,sikap dan dukungan PMO berhubungan dengan kepatuha penderita tuberkulosis paru dalam menyelesaikan pengobatan. Disarankan agar meningkatkan penyuluhan kepada penderita tuberkulosis sehingga dapat merubah sikap penderita tentang pentingnya berobat secara rutin dan teratur. Kata Kunci: Tuberkulosis paru, kepatuhan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38164
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2013 13:46
Last Modified:31 Jan 2013 13:46

Repository Staff Only: item control page