KAITAN TINGKAT PENGETHUAN ANAK TENTANG HYGIENE PERORANGAN DAN KECACINGAN DENGAN KEJADIAAN KECACINGAN DI SEKOLAH DASAR BATERAN I NGAGLIK SLEMAN TAHUN 2006

ASTUTININGSIH, RINI (2006) KAITAN TINGKAT PENGETHUAN ANAK TENTANG HYGIENE PERORANGAN DAN KECACINGAN DENGAN KEJADIAAN KECACINGAN DI SEKOLAH DASAR BATERAN I NGAGLIK SLEMAN TAHUN 2006. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Published Version

Abstract

Pembangunan Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Derajat kesehatan dipengaruhi oleh lingkungan, perilaku pelayanan kesehatan dan keturunan. Perilaku memegang peranan besar dan erat kaitannyadengan pengetahuan. Berdasarkan daya survey kecacingan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman pada juli 2004, di SD Banteran I Ngaglik Sleman 46,66% atau 14 dari 30 sampel yang diperiksa ditemukan telur cacing.Untuk itu penulis melakukan penelitian kaitan tingkat pengetahuan anak tentanghygiene perorangan dan kecacingan dengan kejadiaan kecacingan. Penelitian ini dilakukan untuk mengethuai tingkat pengetahuan tentang hygieneperorangan dan kecacingan pada anak kaitannya dengan kejadiaan kecacingan di SD Banteran I Ngaglik Sleman. sasaran penelitian adalah anak kelas III dan IV SD dengan jumlah 60 anak. jenis penelitian ini adalahexplanatory research dengan rancangan cross sectional yang hasilnya dianalisis secara deskriptif dan analitik dengan uji ststistic Chi-square. Hasil penelitian menujukkan 11 sampel (18,33%) ditemukan telur cacing terdiri 3sampel (27,3%) telur Ascaris lumbricoides, 3 sampel (27,3%) telur Enterobius vermicularis, 5 sampel (45,4%) telur Trichuris trichiura, 49 sampel (81,77%) tidak ditemukan telur cacing dan 23 responden (38,33%) tingkat pengetahuan tidak baik, 37 responden (61,66%) tingkat pengetahuan baik. Setelah dilakukan uji statistik diketahui nlai p 0,009,cc 0,009 yang artinya ada kaitannya yang bermakna dengan kekuatan hubungan sangat lemah antara tingkat pengethuan dan tentang hygieneperorangan dan kecacingan dengan kejadiaan kecacingan di SD Banteran I Ngaglik Sleman. Petugas Puskesmas dan guru diharapkan memberikan informasi tentang hygienen perorangan dan kecacingan kepada anak SD banteran I Ngaglik Sleman. Kata Kunci: Pengetahuan anak,Kejadiaan kecacingan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38157
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:31 Jan 2013 13:16
Last Modified:31 Jan 2013 13:16

Repository Staff Only: item control page