IMPLEMENTASI GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) UNTUK MENDUKUNG PERENCANAAN DISTRIBUSI ALAT KONTRASEPSI DI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

SHOLIHAH, MALIHATUS (2012) IMPLEMENTASI GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) UNTUK MENDUKUNG PERENCANAAN DISTRIBUSI ALAT KONTRASEPSI DI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]PDF - Published Version

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Bapermasper dan KB Kecamatan Gunungpati bertugas melakukan perencanaan distribusi alat kontrasepsi ke tempat pelayanan KB, namun belum ada penyajian data dan informasi mengenai cakupan pelayanan KB dan ketersediaan alat kontrasepsi berdasarkan wilayah tempat pelayanan KB. Geographic Information System (GIS) adalah program aplikasi yang digunakan untuk membuat penyajian informasi berbasis wilayah guna memenuhi kebutuhan informasi tersebut. Tujuan penelitian ini membuat penyajian informasi berbasis GIS untuk mendukung perencanaan distribusi alat kontrasepsi ke tempat pelayanan KB oleh Bapermasper dan KB Kecamatan Gunungpati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan crossectional study. Objek penelitian adalah data KB di Bapermasper dan KB Kecamatan Gunungpati tahun 2011 meliputi data tempat pelayanan KB, cakupan pelayanan KB, karekteristik akseptor KB, dan ketersediaan alat kontrasepsi; sedangkan subjek penelitian adalah staf pengelola data di Bapermasper KB dan tempat pelayanan KB Kecamatan Gunungpati sejumlah 12 orang. Pengumpulan data ada 3 tahap, yaitu pengukuran titik koordinat tempat pelayanan KB dengan GPS, observasi data sekunder, dan wawancara mendalam berdasarkan pedoman wawancara. Pengolahan data hasil wawancara mendalam dilakukan dengan content analysis; analisis data sekunder dilakukan dengan tahap editing, coding, entry, tabulating; sedangkan hasil pengukuran titik koordinat dilakukan analisis spasial dengan tahap digitasi, skoring, dan overlay. Hasil penelitian berupa informasi dalam bentuk peta yang menggambarkan sebaran tempat pelayanan KB dan jenis pelayanan KB paling banyak yaitu suntik (65,46%) di tempat pelayanan KB swasta dengan akseptor KB usia 30-49 tahun (74,78%), bekerja (90,23%), tahapan KS III (48,18%) dan tingkat pendidikan tamat SD-SMP (45,79%). Saran bagi Bapermasper dan KB Kecamatan Gunungpati adalah memanfaatkan penyajian informasi berbasis wilayah untuk mendukung perencanaan distribusi alat kontrasepsi ke tempat pelayanan kesehatan di Kecamatan Gunungati. Kata Kunci: pelayanan KB, perencanaan distribusi alat kontrasepsi, Bapermasper dan KB, Geographic Information System (GIS)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38142
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:31 Jan 2013 08:57
Last Modified:31 Jan 2013 08:57

Repository Staff Only: item control page