KEPADATAAN NYAMUKAnopheles sundaicus DALAM RUMAH DENGAN JENIS DINDING BERBEDA DI DESA SUKARESIK KECAMATAN SIDAMULIH KABUPATEN CIAMIS

SUBAGYO, TRI AGUS (2006) KEPADATAAN NYAMUKAnopheles sundaicus DALAM RUMAH DENGAN JENIS DINDING BERBEDA DI DESA SUKARESIK KECAMATAN SIDAMULIH KABUPATEN CIAMIS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Published Version

Abstract

Malaria masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di banyak daerah termasuk di Kabupaten Ciamis. Desa Sukaresik merupakan desa endemis tertinggi di Kecamatan Sidamulih. Vaktornya adalah Anopheles Sundaicus dan tempat perindukannya terletak di Dusun Cipari. MBR tertinggi An.sundaicus rata-rata 16 ekor /orang/jam. Jenis dinding rumah di Dusun Cipari, terdiri dari 42,98% tembok dan 57,02 % bambu, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kepadatan nyamuk An. Ssundaicus dalam rumah denga jenis dinding berbeda. Jenis penelitian ini adalah explanatory research menggunakan desain studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nyamuk pada malam hari di dalam rumah di Dusun Cipari, sampelnya adalah Nyamuk Anopheles sundaicus yang tertangkap di dalam rumah, jumah sampel rumah 3 buah per jenis dinding. Penelitian dilakukan melalui penengkapan nyamuk mulai pukul 18.00-06.00 dengan metode umpan orang dan resting dinding. Hasil penelitian diketahui bahwa pada jenis dinding tembok di dapat MBR rata-rata 0,13 ekor/orang/jam, sedangkan pada jenis dinding bambu MBR rata-ratanya 0,24 ekor/orang/jam. Untuk metode resting dinding MHD rata-rata 0 ekar/orang/jam (tidak didapat An.sundaicus tertangkap) pada jinis dinding tembok, sedangkan pada jenis dinding bambu MHD rata-ratanya 0,056 ekor/orang/jam. Berdasarkan hasil uji statistik diketahui ada beda kepadatan nyamuk An.sundaicus antara jenis dinding tembok dan bambu melalui metode umpan orang (p = 0,022), sedangkan metode resting dinding tidak dapat dianalisis secara statistik karena data tidak memenuhi syarat pengujian statistik. Kata Kunci: Kepadatan Nyamuk, Anopheles sundaicus, Jenis Dinding.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38130
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Jan 2013 10:58
Last Modified:30 Jan 2013 10:58

Repository Staff Only: item control page