Peran Pelatihan Service Quality dalam Meningkatkan Kinerja Perawat Rawat Inap RS Telogorejo

Khairunnisa, Farah (2013) Peran Pelatihan Service Quality dalam Meningkatkan Kinerja Perawat Rawat Inap RS Telogorejo. Undergraduate thesis, Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP.

[img]PDF

Abstract

x ABSTRAKSI Keberadaan sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan memegang peranan sangat penting. Dunia bisnis sekarang dituntut menciptakan kinerja karyawan yang tinggi untuk pengembangan perusahaan. Perusahaan harus mampu membangun dan meningkatkan kinerja di dalam lingkungannya. Dalam meningkatkan kinerja karyawannya perusahaan menempuh beberapa cara misalnya melalui pelatihan. Dewasa ini, semakin ketatnya tingkat persaingan bisnis mengakibatkan perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup. Rumah Sakit Telogorejo berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja perawat. Kegitan itu adalah Pelatihan Service Quality. Dengan adanya pelatihan yang dilakukan Service Quality Officer, RS Telogorejo berharap perawat rawat inap dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya. Oleh karena itu, pelatihan Service Quality sangatlah penting dalam mempersuasi perawat rawat inap untuk mememperbaiki sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pelatihan Service Quality dalam meningkatkan kinerja perawat rawat inap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah perawat rawat inap RS Telogorejo dimana jumlah sampel yang ditetapkan pada penelitian ini sebanyak 35 responden. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,62 antara variabel pelatihan Service Quality (X) dan variabel kinerja perawat rawat inap RS Telogorejo (Y). Pada taraf 1 % = 0,430 dan taraf 5 % = 0,334. Jadi melalui pengecekan tersebut dapat ditarik kesimpulan, bahwa nilai korelasi hasil analisis lebih besar dari nilai keabsahan pada tabel induk atau ro  rt. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan : “Adanya pengaruh pelatihan Service Quality dalam meningkatkan kinerja perawat rawat inap RS Telogorejo”, adalah dinyatakan diterima atau hipotesisnya terbukti yang berarti bahwa hubungan menunjukan korelasi kuat. Kata kunci : service quality, pelatihan, kinerja ABSTRACT The existence of human resource in the company has a very important role. Business domain nowadays forced to create high employee’s performance to company development. A company has to create and increase performance. In a way of increasing employee’s performance, company takes some ways such as giving a training. Nowadays, business competition that became tighter make the company confronted with challenge to maintain viability. RS Telogorejo inisiated to create program to fix and increase nurese’s peformance. That event is Service Quality Training. With training by Service Quality Officer, RS Telogorejo hope nurses can fix and increase their performance. Service Quality Trainingis very important to persuase nurses for fix their behaviour. This research has goal to know Service Quality Training’s influence to increase nurse’s peformance. This research used kuantitatif method. Sample that used are 35 RS Telogorejo’s nurses. Research result show coefficient caleration’s value 0,62 between variable Service Quality Training (x) and variable RS Telogorego’s nurses performance (y). In 1% = -,430 and in 5% - 0,334. So, corelation value analysis is bigger than value in main table or ro  rt.. so, hipotesis in the research “ any Service Quality Training’s influence to increase RS Telogorejo nurse’s peformance”, is accepted or that corelation is strong. Keyword : service quality, training, peformance

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:38107
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Mar 2013 22:07
Last Modified:02 Mar 2013 22:07

Repository Staff Only: item control page