“Upaya Pencitraan Partai Nasdem Melalui Iklan Menjelang Pemilihan Umum Tahun 2014 dengan Pendekatan Marketing Public Relations”

Kurniawan, Adhi (2013) “Upaya Pencitraan Partai Nasdem Melalui Iklan Menjelang Pemilihan Umum Tahun 2014 dengan Pendekatan Marketing Public Relations”. Undergraduate thesis, Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP.

[img]PDF

Abstract

Partai Nasdem adalah salah satu partai politik baru pada pemilihan umum tahun 2014 mendatang. Partai Nasdem telah melancarkan iklan – iklan politiknya melalui media massa sebagai pengenalan kepada khalayak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pencitraan Partai Nasdem melalui iklan. Iklan adalah kegiatan komunikasi non personal yang disampaikan melalui media massa dengan membayar ruang untuk menyampaikan pesan yang bersifat persuasif kepada konsumen agar tertarik terhadap produk yang ditawarkan produsen. Pencitraan adalah kegiatan menciptakan image atau kesan, perasaan, gambaran diri suatu organisasi atau perusahaan terhadap khalayak. Kesan tersebut dengan sengaja diciptakan oleh suatu obyek, orang maupun organisasi lainnya agar bernilai positif. Manfaat dari pendekatan Marketing Public Relations adalah untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap citra perusahaan atau manfaat atas produk yang ditawarkan. Penelitian dalam Tugas Akhir ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini memberikan gambaran tentang langkah – langkah srategi komunikasi politik berupa pencitraan yang dilakukan humas Partai Nasdem sebagai parpol baru menjelang pemilihan umum tahun 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan wawancara secara mendalam dengan pengurus DPW Jateng Partai Nasdem. Hasil dari penelitian ini adalah upaya pencitraan yang dilakukan oleh Partai Nasdem antara lain adalah meluncurkan iklan politik di media massa dan kegiatan pendekatan Marketing Public Relations seperti pelucuran dan publikasi produk, iklan layanan masyarakat, Special events : promotion and publications program,dan Road show. Kata Kunci : pencitraan,iklan, dan marketing public relations ABSTRACT Nasdem Party is one of new political party at next elections 2014. Nasdem Party have been staging advertising political via mass media as an introduction this organizations to public. The aim of this reseach is to find out an effort to imaging Nasdem Party largely though advertising. Advertising are non personal communication delivered via mass media by paying space to convey a message whose nature is persuasive consumer to interested products offered by a manufacturer. The imaging is activities, create image or impression feeling, self image an organization or company to people. The impression created by deliberately an object person or other organization that is positive. Benefit from marketing public relations approach are to build confidence among consumers on corporate image or benefit by the product offered. This final assignment using type descritptive research for analyse a problem. This reseach provides a description of meansure strategy political communication imaging that done public relations of Nasdem Party as new general party on next elections 2014. Technical data used is conduct an indepth interview with management organization of Nasdem Party Leadership Central Java at Region Level. Result of this research was a publicity that done by Nasdem Party among others is it puts up political ads in mass media and activities by marketing public relations approach as example : launching product, and expected publication of public service, special events : promotion program, and publications a road show. Keyword : imaging, advertising, and marketing public relations

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:38102
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2013 10:16
Last Modified:29 Jan 2013 10:16

Repository Staff Only: item control page