STUDI EPIDEMIOLOGI CEDERA KEPALA AKIBAT KECELAKAAN LALULINTAS DI BADAN PENGELOLA RSUD DOKTER SOESELO KABUPATEN TEGAL

WAHYU, WAHYU (2007) STUDI EPIDEMIOLOGI CEDERA KEPALA AKIBAT KECELAKAAN LALULINTAS DI BADAN PENGELOLA RSUD DOKTER SOESELO KABUPATEN TEGAL. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Published Version

Abstract

Truma/cedera yang mengenai kepala merupakan penyebab terbanyak terjadinya kerusakan pada jaringan otak, bahkan dapat mengakibatkan kematian. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab truma kepala dan KLL memegang peran penting sebagai faktor penyebab trauma kepala. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui gambaran Epidemilogi Cedera Kepala Akibat KLL di BP RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal khususnya untuk memperoleh gambaran tentang karakteristik orang, waktu, tingkat cedera kepala, kendaraan yang terlibat, lingkungan, lawan jenis kendaraan serta data rawat inap/jalan yang terlibat KLL jenis penelitian yang digunakan adalah Deksriptif dengan pendekatan Cross-sectional dan pengumpulan data dilakukan secara prospektif selama 3 bulan sampel penelitian semua korban yang menderita cedera kepala yang datang di BP RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal pada bulan Januari - Maret 2007. Pengambilan data menggunakan kuesioner terstruktur. Pengolahan data dengan program SPSS Windows version 10.0. HAsil penelitian didapatkan bahwa korban cedera kepala akibat KLL terbanyak adalah kelompok umur 16 - 45 thn (75,7%) dan jenis kelamin laki-laki lebih banyak daripada perempuan yaitu (60,7%) dengan jenis pekerjaan terbanyak sebagai karyawan swasta/pekerja beresiko (78,6%) dan pengemudi merupakan korban terbanyak (76,4%) jenis kendaraan korban terbanyak sepeda motor (89,3%) dan lawan kendaraan korban terbanyak sepeda motor (48,6%). Kejadian KLL berdasarkan interval jam sibuk 07.00 - 17.00 (67,9%) untuk interval hari terjadi pada hari Sabtu dan hari libur (60,7%) kondisi jalan yang banyak terjadi KLL jalan lurus (69,3%), tingkat cedera kepala yang terbanyak dialami korban cedera kepala sedang (46,4%) sebagian besar korban menjalani rawat inap (75,7%). Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam jumlah dan sampel dan desain penelitian sehingga disarankan pada peneliti selanjutnya hendaknya sampel penelitian diperbesar dengan waktu yang lebih lama dan desain penelitian yang sesuai sehingga hasilnya dapat lebih bermanfaat bagi khasanah ilmu pengetahuan. Kata Kunci: Epidemiologi, Cedera Kepala, Kecelakaan Lalu Lintas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38101
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2013 15:07
Last Modified:28 Jan 2013 15:07

Repository Staff Only: item control page