STUDI KEPADATAN KUMAN SEBELUM DAN SAAT JAM BERKUNKUNG DI RUANG PERAWATAN PASIEN PASKA OPERASI DI RUMAH SAKIT BHAKTI ASIH

ARIFIN, ACHMAD (2007) STUDI KEPADATAN KUMAN SEBELUM DAN SAAT JAM BERKUNKUNG DI RUANG PERAWATAN PASIEN PASKA OPERASI DI RUMAH SAKIT BHAKTI ASIH. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Kualitas udara ruang perawatan pada rumah pada rumah sakit merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan, karena beberapa cara transmisi kuman penyebab infeksi terjadi dengan cara air borne,sehingga memungkinkan terjadinya infwksi nosokomial. Dipilihnya ruang perawatan sebagai lokasi penelitian karena pasien lebih dari 6 hari sedangkan infeksi nosokomial terjadi setelah 72 jam sejak pasien dirawat di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kepadatan udara yang ada diruang perwatan pasien paska operasi di Rumah sakit Bhakti Asih sebelum dan saat jam berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dan termasuk survey epidemiologi deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata angka kuman udara sebelum jam berkunjung sebesar 312,5CFU/m3 dan saat jam berkunjung sebesar 1104,5 CFU/m3.Bila dibandingkan dengan KEP MENKES RI NO.1204/MENKES/SK/X/2004 bahwa persyaratan angka kurnan udara ruang perawatan adalah 2000-500 CFU/m3, maka angka kuman udara yang ada pada ruang perawatan pasien paska operasi RS Bhkti Asih Brebes sebelum jam berkunjung memenuhi syarat sedangkan saat jam berkunjung tidak memenuhi syarat. Disarankan pihak RS Bahkti Asih Brebes lebih menertibkan dan membatasi pengujung ruang perawatan pasien paska operasi khususnya saat jam berkunjung, bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes agar melaksanakan Inspeksi Rumah Sakit secara rutin terutama pengukuran kepadatan kuman udara ruang perawatan. Kata Kunci: Angka Kuman Udara, Ruang Perawatan , Jam Berkunjung.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38092
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:28 Jan 2013 10:31
Last Modified:28 Jan 2013 10:31

Repository Staff Only: item control page