SURVEI JUMLAH Coliform DAN IDENTIFIKASI Escherichia coli PADA AIR CUCIAN PEDAGANG SIOMAY KELILING DI KELURAHAN TEMBALANG SEMARANG.

ANGGRAINI , DIAN (2007) SURVEI JUMLAH Coliform DAN IDENTIFIKASI Escherichia coli PADA AIR CUCIAN PEDAGANG SIOMAY KELILING DI KELURAHAN TEMBALANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Air mempunyai potensi untuk menyebarkan penyakit malalui cara water washed disease. Pada water washed disease, infeksi dapat disebabkan dari orang ke orang lain melalui penyediaan air. Bakteri Coliform merupakan suatu grup bakteri yang digunakan sebagai indikator adanya polusi kotoran dan kondisi sanitasi yang tidak baik terhadap air. Bakteri Escherichia coli termasuk dalam bakteri Coliform yang dapat menyebabkan penyakit diare. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jumlah Coliform dan mengidentifikasi keberadaan E. coli pada air cucian pedagang siomay keliling di Kelurahan Tembalang Kecamatan Tembalang Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan pendekatan secara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh air cucian pedagang siomay keliling di Kelurahan Tembalang Kecamatan Tembalang Semarang. Sampel penelitian ini adalah air cucian dari 17 pedagang siomay keliling yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua air cucian yang diperiksa mengandung angka kuman Coliform lebih dari 2.400/ml. sedangkan dari hasil identifikasi E. coli diketahui bahwa 11 sampel menunjukkan hasil yang positif terhadap keberadaan E. coli. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua air cucian pedagang siomay keliling tidak memenuhi standar kualitas mikrobiologis sehingga tidak layak digunakan untuk mencuci peralatan makan. Oleh karena itu, disarankan kepada pedagang siomay keliling agar lebih memperhatikan sanitasi air cucian. Kata Kunci: Coliform, E. coli, air cucian, siomay

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38053
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Jan 2013 14:07
Last Modified:23 Jan 2013 14:07

Repository Staff Only: item control page