KORELASI SUMBER INFORMASI MEDIA DAN LINGKUNGAN PERGAULAN DENGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA DALAM BERPACARAN (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI DI SATU SMA KOTA SURAKARTA TAHUN 2012)

SUMINAR, MARTIA CHUSNUL RATNA (2012) KORELASI SUMBER INFORMASI MEDIA DAN LINGKUNGAN PERGAULAN DENGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA DALAM BERPACARAN (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI DI SATU SMA KOTA SURAKARTA TAHUN 2012). Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Masa remaja disebut dengan masa transisi, yaitu peralihan dari masa anak-anak ke dewasa., ditandai dengan terjadinya perubahan fisik, biologis, psikis, maupun sosial. Remaja memiliki rasa ingin tahu yang besar, termasuk masalah seks. Adanya kasus hamil di luar nikah karena pergaulan yang tidak terkontrol dan perilaku pacaran yang mengarah ke seks bebas, karena kurangnya informasi mengenai kesehatan reproduksi dari media dan lingkungan pergaulan seperti orang tua, teman, dan guru. Tujuan penelitian menganalisis korelasi sumber informasi dari media, orang tua, teman sebaya, dan guru dengan perilaku seksual remaja dalam berpacaran di satu SMA Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Besar populasi 225 siswa kelas XI yang berpacaran di satu SMA, dengan teknik simple random sampling didapat sampel 182 responden yang bersedia menjadi responden. Analisis uji statistik menggunakan uji Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi perilaku seksual remaja dalam berpacaran dengan sumber informasi orang tua (p=0,025, r=-0,166), teman sebaya (p=0,004, r=0,212). Tidak ada korelasi perilaku seksual remaja dalam berpacaran dengan sumber informasi media (p=0,888) dan guru (p=0,427). Saran untuk sekolah agar diadakan intervensi kepada konselor teman sebaya agar memberikan informasi kesehatan reproduksi ke teman yang lain dengan benar sebagai upaya preventif terhadap perilaku seksual remaja dalam berpacaran. Orang tua hendaknya memperbanyak informasi mengenai kesehatan reproduksi dan kemudian memberikan informasi kesehatan reproduksi kepada remaja untuk memperkecil kemungkinan remaja mencari informasi yang kurang benar ke teman sebaya atau media yang mempengaruhi perilaku seksual. Kata Kunci: seksual remaja, berpacaran, sumber informasi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38051
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:23 Jan 2013 14:43
Last Modified:23 Jan 2013 14:43

Repository Staff Only: item control page