FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN MATERNITAS DAN PELAYANAN KESEHATAN REPRODUKSI SESUAI UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (Studi Persepsi pada Pekerja Wanita PT. APAC INTI CORPORA)

LIANI, BALGIS DELLILA (2012) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN MATERNITAS DAN PELAYANAN KESEHATAN REPRODUKSI SESUAI UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (Studi Persepsi pada Pekerja Wanita PT. APAC INTI CORPORA). Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Permasalahan pekerja wanita bersumber dari masalah kesetaraan gender, kesehatan reproduksi, perlindungan hukum dan upah. Undang undang nomor 13 tahun 2003 merupakan payung utama pelindung hak hak pekerja. Keberhasilan penerapan suatu undang undang dan kebijakan dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain komunikasi, sumber daya, sikap pelaksana dan struktur birokrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan implementasi Undang Undang nomor 13 tahun 2003 mengenai Perlindungan Maternitas dan Pelayanan Kesehatan Reproduksi persepsi Pekerja Wanita PT. APAC INTI CORPORA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan rancangan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja wanita di PT. APAC INTI CORPORA dengan kriteria inklusi pekerja tetap, bekerja di bagian produksi dengan jumlah akhir 200 pekerja. Kemudian sampel diambil sebanyak 65 menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan bermakna antara komunikasi dengan implementasi (p=0.679), sumber daya dengan implementasi (p=0.100) dan struktur birokrasi dengan implementasi (p=0.106). Dari penelitian ini sebanyak 50.77% responden berpendapat bahwa implementasi Undang Undang nomor 13 tahun 2003 mengenai Perlindungan Maternitas dan Pelayanan Kesehatan Reproduksi pada Pekerja Wanita PT. APAC INTI CORPORA sudah berjalan dengan baik. Saran penelitian ini adalah mengadakan kegiatan sosialisasi kembali mengenai kebijakan perlindungan maternitas dan pelayanan kesehatan reproduksi. Kata Kunci: Undang undang nomor 13 tahun 2003, persepsiperlindungan maternitas, pelayanan kesehatan reproduksi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38036
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:23 Jan 2013 09:46
Last Modified:23 Jan 2013 09:46

Repository Staff Only: item control page