BEBRAPA FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN CAKUPAN PENEMUAN SUSPEK TUBERKULOSIS PARU OLEH PETUGAS PUSKESMAS DIKABUPATEN TANJUNG JABUR TIMUR PROVINSI JAMBI 2006.

JA'FAR, JA'FAR (2007) BEBRAPA FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN CAKUPAN PENEMUAN SUSPEK TUBERKULOSIS PARU OLEH PETUGAS PUSKESMAS DIKABUPATEN TANJUNG JABUR TIMUR PROVINSI JAMBI 2006. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Tuberkulosis paru merupakan penyakit menular yang disebabkan Mycobacterium tuberculosis. Penemuan penderita secara dini dengan dilakukan secara passive promotive case finding. Mendeteksi suspek TB paru yang datang berobat ke puskesmas akan menentukan jumlah suspek TB paru yang dapat ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran faktor-faktor yang berkaitan dengan cakupan penemuan suspek TB paru oleh petugas puskesmas. Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan daerah kantong TB paru di Provinsi Jambi. Tahun 2006 penemuan suspek 48,43% dari perkiraan suspek TB paru, penemuan penderita 67,26%, kesembuhan 53% dan konversi 74%. dari 17 puskesmas rata-rata mempunyai cakupan penemuan suspek rendah dari target (< 70%). Jenis penelitian ini adalah Exsplanatori Survey dengan pendekatan Cross Sectional populasi dalam penelitian ini adalah puskesmas se Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebanyak 17 Puskesmas, sampel dalam penelitian adalah total populasi. Penelitian ini menggunakan uji statistik Fisher exact test dengan derajat kebebasan pada alpha 5%. Hasil penelitian menujukkan ada kaitan antara pelatihan TB paru yang diikuti petugas, beban kerja, jarak pelayanan, pengetahuan dan supervisi wasor TB paru Kabupaten ke puskesmas dengan cakupan penemuan suspek TB paru oleh puskesmas di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bagi P2TB puskesmas disarankan meningkatkan pengetahuan, peraktek dan lebih aktif penyuluhan petugas pengelola TB-nya. Bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur disarankan pelatihan bagi petugas yang belum pernah dilatih dan bagi yang sudah hendaknya dilakukan pelatihan penyegaran secara berkala. Wasor TB paru Kabupaten supaya lebih aktif dalam melakukan pembinaan terhadap petugas P2TB puskesmas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38026
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jan 2013 10:18
Last Modified:22 Jan 2013 10:18

Repository Staff Only: item control page